Apotek K-24

Apotek K-24 didirikan dengan menerapkan konsep ”5 Jaminan Pasti Apotek K-24”; yaitu jaminan buka 24 jam, 100% obat asli, harga sama (pagi, siang, malam, hari libur), konsultasi apoteker gratis dan layanan antar.

[heading] Apotek K-24[/heading]

Nama waralaba: Apotek K-24

Kategori waralaba: Apotek

Pewaralaba: PT. K-24 Indonesia

Alamat: Jl. Magelang, Karangwaru Kidul PR 24 Yogyakarta

Telpon: 0274 542024

Fax: 0274 542024

Hotline: 088802878595

Website: http://apotek-K24.com/

Bidang usaha: Apotek

Bentuk kerja sama: waralaba

Konsep usaha: Apotek K-24 adalah jaringan apotek yang memberikan jaminan buka 24 jam, menyediakan obat asli, harga yang sama pada siang, malam, hari kerja maupun hari libur, konsultasi apoteker gratis dan layanan pesan antar.

Target pasar: umum

Tahun berdiri: 2002

Tahun diwaralabakan: 2005

Jumlah gerai: > 290 gerai di seluruh Indonesia

[note color="#fff"]Paket Investasi

[tabs style="1"] [/tabs] [/note]

Sejarah Singkat

Didasari pada pengalaman sulitnya mencari obat di tengah malam di kota Jogja, Gideon Hartono kemudian bertekad mendirikan apotek sendiri pada tahun 2002. Apoteknya dinamai K-24 yang berarti komplit dan buka selama 24 jam. Cita-citanya adalah membuka apotek yang melayani selama 24 jam non-stop, tanpa mengenal hari libur, dengan harga yang sama (baik pagi, siang, sore ataupun malam).

Konsepnya ternyata diterima masyarakat. Tak sampai setahun kemudian, Gideon membuka apotek yang ke dua, di Gejayan, Jogja. Dilanjut apotek ke tiga, di jalan Kaliurang. Tahun 2004, Gideon berhasil membuka lima gerai apotek. Semua itu dilakukan dengan modal sendiri.

Pada tahun 2005, Gideon mulai mewaralabakan apotek K-24. Dengan konsep ini, jumlah gerai apotek K-24 langsung melonjak menjadi 12 di tahun yang sama. Kini jaringan apotek K-24 merambah ke berbagai kota di penjuru Indonesia. Jumlah gerainya pun mencapai lebih dari 290 gerai.

Konsep Usaha & Daya Tarik

Apotek K-24 dikenal sebagai apotek Indonesia pertama yang diwaralabakan. Untuk menaikkan popularitas nama K-24, Gideon memanfaatkan ajang rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Apotek K-24 dicatat sebagai Jaringan Apotek pertama di Indonesia yang buka 24 jam, Apotek Indonesia pertama yang diwaralabakan, dan Pembukaan gerai apotek terbanyak pada saat bersamaan, sebanyak 7 gerai.

Selain itu, Apotek K-24 berhasil meraih beberapa sertifikasi dan penghargaan, seperti: waralaba apotek terbaik 2010, Top Brand 2011. Nama apotek K-24 pun banyak mendapat ekspose di media massa.

Terlepas dari sisi popularitasnya, Apotek K-24 mengembangkan konsep usaha, dengan ”5 Jaminan Pasti Apotek K-24”; yaitu jaminan buka 24 jam, 100% obat asli, harga sama (pagi, siang, malam, hari libur), konsultasi apoteker gratis dan layanan antar.

Di awal tahun 2011, Apotek K-24 meluncurkan slogan ”Sobat Sehat Kita-Kita” yang menunjukkan keinginan Apotek K-24 untuk dekat pada pelanggan, membangun citra positif, sehingga pada akhirnya menjadi apotek pilihan masyarakat.

Kebutuhan Investasi

Jumlah perkiraan investasi awal adalah sebesar Rp. 750 juta, untuk apotek seukuran 60M2 di pulau Jawa. Jumlah ini sangat tergantung pada kesiapan lokasi di mana apotek ada dibuka.

Investasi tersebut sudah mencakup biaya franchise fee (royalti pemakaian merk), sewa bangunan selama 2 tahun, renovasi bangunan, stok obat, papan nama gerai eksterior, interior dan mebel, sistem dan software IT, modal kerja selama 3 bulan, inventaris gerai (seperti, sepeda motor, AC, genset, PABX, dan lain-lain), biaya pelatihan awal, perijinan dan biaya administrasi pembukaan apotek.

Selain investasi awal, investor harus membayar franchise fee sebesar Rp. 80 juta untuk masa waralaba 6 tahun yang dibayar di muka.

Setiap bulan dikenakan Royalty Fee sebesar 1,2% dari omset per bulan dan biaya promosi sebesar 0.3% dari omset per bulan.

Perkiraan BEP

Jika target penjualan tahunan dan target margin tercapai, serta biaya operasional dapat dikendalikan, maka diperkiraan modal akan balik dalam lebih kurang 3 tahun.

Prosedur Kerja Sama Waralaba

  1. Calon investor mengisi formulir aplikasi.
  2. Menandatangani MOU.
  3. Menentukan lokasi gerai.
  4. Menandatangani perjanjian waralaba.
  5. Memulai langkah pra-operasional yang akan dipandu oleh PT. K-24 Indonesia.
  6. Mengikuti pelatihan awal.
  7. Pembukaan gerai.

Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk membuka satu gerai setelah lokasi dipastikan.

Dukungan Kerja Sama

Sejak awal kerja sama Apotek K-24 memberikan dukungan berupa pendampingan persiapan pembukaan apotek sampai operasional apotek; pengurusan ijin operasional apotek, rekrutmen dan pelatihan staf, pelatihan sistem administrasi terkomputerisasi, strategi pemasaran dan pengembangan usaha.

Apotek K-24 mensyaratkan pengadaan stok obat secara terpusat dari pihak franchesor. Secara rutin dilakukan inspeksi untuk mengawasi kualitas layanan dan produk di setiap gerai; melakukan inventarisasi persediaan agar kegiatan usaha tetap berjalan baik.

Dengan nama yang cukup dikenal, prinsip usaha yang jelas dan pola kerja yang aktif, maka usaha ini cocok bagi anda yang mempunyai minat di bidang kesehatan, berjiwa sosial untuk melayani sesama, dan mempunyai semangat berwirausaha serta mau terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, bukan sekedar diam menjadi investor semata. ***

(Update: Juni 2011)

| WI | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +3 (from 3 votes)

Comments

  1. dewa arta says:

    Apotek K-24 ( komplit )
    Menyediakan sekitar berapa banyak jenis obat, atau apa saja yang si jual , atau berapa butir setiap tabletnya yang kami dapatkan pada saat kami baru buka gerai K-24

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. dewa arta says:

    Saya di Bali ingin mengajukan kerjasama, atau ingin mendirikan gerai apotik.
    lokasi atau tokonya sedang dibangun tepatnya di bali selatan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


− 4 = one