Warning: Illegal string offset 'name' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 106

Warning: Illegal string offset 'description' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 108
Ayo Mulai Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

Ayo Mulai Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

Usaha antar jemput anak sekolah tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Kuncinya adalah anda mampu menjaga ketepatan waktu antar dan jemput. Tapi yang paling penting adalah anda bisa mendapatkan kepercayaan dari para orangtua murid.


><

Kolom Iklan

Pasang Iklan di Artikel Ini?
Tertarik untuk mempromosikan usaha anda di kolom artikel ini? Klik untuk contoh. Hubungi: email

Header image courtesy Caitlinator / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Kebanyakan yang membutuhkan jasa antar jemput anak sekolah adalah keluarga sibuk dimana suami dan istrinya sama-sama bekerja. Mereka tidak punya cukup waktu untuk mengantar, dan terutama, menjemput anak-anak mereka sekolah. Ya, mengapa tidak memulai usaha antar jempur anak sekolah. Usaha ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Agar usaha ini berjalan baik dan mempunyai banyak pelanggan, usaha ini sangat membutuhkan kepercayaan yang tinggi dari pelanggan.

Pelanggan akan menyewa tenaga anda hanya bila mereka yakin bahwa anda benar-benar mampu menjaga kepercayaan. Karena yang mereka titipkan pada anda tak lain tak bukan adalah putra-putri kesayangan. Selain itu, mereka juga berharap dengan menggunakan jasa antar jemput anda, anak-anak mereka selalu tepat waktu tiba di sekolah dan pulang ke rumah. Dengan demikian proses belajar anak-anak itu tidak terganggu. Dan, yang tak kalah penting adalah anak-anak mereka berada dalam pengawasan orang yang tepat selama pulang dan pergi sekolah.

AYO MULAI..!

Kendaraan. Kendaraan yang tepat untuk usaha ini adalah sejenis mini bus, yang dapat memuat sekitar 10-12 anak. Tak perlu membeli kendaraan baru. Mulailah dari kendaraan yang ada. Yang penting dalam keadaan baik, layak dan hemat dioperasikan, serta lengkap surat-suratnya.

Pengemudi. Untuk menambah penghasilan, anda dapat mengemudi sendiri. Namun jika anda harus mempekerjakan orang lain, pastikan pengemudi adalah orang yang dapat dipercaya, cakap dalam mengemudi dan memelihara kendaraan serta telaten menghadapi pelanggan. Mempekerjakan pengemudi berarti anda harus berbagi keuntungan dari usaha ini.

Siapa pelanggan yang anda bidik? Apakah anda membidik anak-anak TK, SD, SMP atau SMA. Ini penting agar anda bisa mengatur jam operasi, cara pengawasan dan komunikasi sampai tarif langganan.

Data sekolah dan jam sekolah. Lengkapi data sekolah, mulai dari nama, alamat, jam masuk dan pulang sampai ke penanggung jawab sekolah. Lebih menguntungkan jika anda memusatkan usaha pada sekolah-sekolah yang berada dalam satu wilayah dan mempunyai keseragaman jam belajar.

Rute dan kepadatan lalu-lintas. Pahami rute dan karakter kepadatan lalu lintas agar anda bisa melayani tepat waktu, serta menghemat biaya operasional.

Tarif. Biasanya usaha ini memberlakukan tarif berlangganan bulanan. Tarif tambahan dikenakan jika anda harus melayani di luar jam semestinya. Tarif disesuaikan dengan jarak dan kelompok sekolah anak. Mengingat sebagian besar biaya usaha ini adalah biaya tetap, maka untuk meningkatkan keuntungan anda harus bisa mendapatkan penumpang semaksimal mungkin dalam setiap rit perjalanan.

Memperkenalkan usaha. Mulailah dari lingkungan yang anda kenal baik; misal: perumahan tempat anda tinggal atau sekolah-sekolah tertentu. Biasanya lebih mudah mendapat kepercayaan jika mereka telah mengenal anda. Untuk usaha ini, sistem getok tular dan referensi lebih efektif dibanding memasang iklan atau brosur. Namun sistem brosur bisa dilakukan bila anda telah mempunyai cukup banyak pelanggan dan ingin meningkatkan usaha.

PERHATIKAN

Ketepatan waktu. Kualitas usaha ini adalah ketepatan waktu anda menjemput dan mengantar. Usahakan anda tidak sampai terlambat karena akan merugikan siswa juga membuat orangtua cemas.

Kebersihan dan keamanan kendaraan. Kendaraan yang digunakan tidak harus nyaman, namun selalu bersih dan mempunyai fitur keamanan yang cukup. Periksa secara berkala apakah pintu dan jendela bisa terkunci dengan baik. Bila perlu pasang fitur tambahan, misal, central lock.

Kendaraan cadangan. Bagaimana jika kendaraan anda tiba-tiba mengalami gangguan. Anda tidak harus memiliki kendaraan cadangan, tapi anda harus punya rencana cadangan. Misal menyewa kendaraan umum, kendaraan pribadi lain atau bekerja sama dengan sesama pengusaha antar jemput.

Kemacetan lalu lintas. Ini yang paling sulit diduga. Sebaiknya anda rajin memonitor kondisi lalu lintas melalui radio khusus lalu lintas.

Administrasi dan komunikasi. Sistem administrasi itu perlu. Misal, membuat daftar absensi penumpang, mempunyai daftar nomor ponsel masing-masing pelanggan, komunikasi via sms kepada orangtua anak tentang waktu sampai dan pulang. Bahkan bila perlu sediakan seragam khusus bagi pengemudi untuk memudahkan pengawasan.

Cinta pada anak-anak. Lebih baik jika anda atau pengemudi pandai bergaul dengan anak-anak, sabar, telaten namun juga waspada, supaya anak-anak itu menyukai anda. Usaha anda pun semakin tepercaya.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Antar jemput les / kursus. Untuk menambah penghasilan di luar waktu sekolah, sediakan jasa antar jemput les atau kursus.

Menyewakan kendaraan. Sewakan kendaraan untuk kegiatan-kegiatan lain, baik itu kegiatan lingkungan atau sekolah. Ini lumayan untuk membiayai perawatan kendaraan.

Kerja sama dengan usaha antar jemput lain. Untuk memperluas jaringan, bekerja sama dengan pengusaha antar jemput lain sangat baik. Anda bisa saling bertukar pelanggan untuk menghemat biaya operasional, terutama bila ada tujuan yang jauh dari jangkauan operasional anda.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah, dengan memanfaatkan kendaraan yang ada.

Tingkat Kesulitan: Relatif mudah, membutuhkan kesabaran dan kewaspadaan dalam menjaga kepercayaan dan melayani anak-anak sekolah.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +4 (from 4 votes)



Komentar anda:

*


eight − = 5