Ayo Mulai Usaha Apotek

Persaingan apotek sangat ketat. Ini membuktikan bahwa usaha membuka apotek sangat diminati banyak orang. Selain menjanjikan keuntungan yang lumayan, anda bisa mewujudkan visi membantu menyehatkan masyarakat.


Header image courtesy of Jomphong / FreeDigitalPhotos.net

MENGAPA TIDAK..?

Mempunyai usaha apotek diimpikan banyak orang karena dianggap menjanjikan keuntungan yang lumayan. Namun mendirikan sebuah apotek tidak semudah dikira. Dibutuhkan ketrampilan dan pengetahuan kefarmasian yang mumpuni agar bisa mengelola sebuah apotek dengan baik. Ijin-ijin khusus juga dipersyaratkan untuk membuka sebuah apotek. Persaingan usaha apotek pun semakin ketat dan menuntut inovasi dalam memberikan pelayanan pada pelanggan.

Selain mendirikan apotek  sendiri, anda dapat mempunyai apotek dengan layanan dan persediaan obat lengkap dengan bekerja sama atau berinvestasi melalui sistem waralaba. Kini ada beberapa waralaba apotek yang bisa jadi pilihan. Namun demikian, anda tetap perlu berpegang teguh pada visi pendirian sebuah apotek adalah untuk memberikan layanan kesehatan pada masyarakat banyak.

AYO MULAI..!

Ilmu kefarmasian. Untuk menjalankan sebuah apotek dengan layanan yang berkualitas, dibutuhkan pengetahuan kefarmasian dan manajemen obat yang mumpuni. Pengetahuan tentang obat, cara pakai, khasiat dan efek samping perlu dikuasai agar anda dapat memberikan layanan obat yang akurat dan konsultasi yang tepat bagi pelanggan.

Rencana keuangan dan strategi bisnis. Persaingan di usaha apotek ini sangat ketat. Kita bisa melihat di satu lokasi strategis berdiri beberapa apotek. Karena itu, sebelum memulai semuanya anda perlu menyusun rencana keuangan untuk menilai kelayakan usaha apotek anda. Siapkan beberapa alternatif strategi bisnis yang prospektif untuk mendukung rencana keuangan anda.

Lokasi strategis dan potensial sangat penting, seperti dekat dengan pusat layanan kesehatan, rumah sakit, klinik, praktek dokter. Perhatikan apotek-apotek di area usaha anda untuk menemukan terobosan layanan yang dapat memenangkan persaingan.

Persediaan obat yang lengkap bisa memuaskan pelanggan, namun memerlukan investasi yang tak sedikit dan bisa menguras modal awal anda. Karena itu, lengkapi secara bertahap sesuai dengan permintaan pasar dan kemampuan anda.

Suplai obat. Lengkapi persediaan obat dari pedagang besar farmasi (PBF), sub-distributor obat yang menawarkan harga murah, program promosi, diskon menarik, kredit serta termin pembayaran yang ringan. Apakah anda bisa bekerja sama dengan apotek lain untuk mendapatkan harga murah dari PBF dan sub-dist? Mengulak obat dari apotek besar bisa jadi pilihan alternatif. Adakalanya apotek besar malah memberikan harga yang lebih murah dibanding PBF atau sub-dist karena mereka membeli dalam volume lebih besar daripada volume yang bisa diserap oleh apotek anda.

Perlengkapan apotek. Siapkan ruang racik obat, ruang penyimpan obat, ruang tunggu dan berbagai perlengkapan apotek. Perhatikan pula penampilan apotek mulai dari wajah depan, ruang tunggu dan penataannya. Jangan biarkan apotek anda seperti apotek zaman dulu yang membosankan dan kurang ramah pada pelanggan.

Ijin. Ada ijin-ijin khusus yang harus dipenuhi sebelum mendirikan apotek, seperti ijin usaha, ijin apoteker. Lengkapi semua persyaratan demi kelangsungan usaha anda.

Karyawan trampil dan sistem manajemen apotek. Layanan apotek yang prima berasal dari karyawan yang trampil dan kelengkapan sistem manajemen apotek. Jangan ragu-ragu untuk menginstal software yang diciptakan khusus untuk manajemen apotek.

Pembukaan dan Promosi. Perkenalkan usaha apotek anda dengan acara pembukaan yang menarik dan promosi berupa spanduk-spanduk di sekitar pusat-pusat layanan kesehatan.

PERHATIKAN

Kualitas layanan. Kunci keberhasilan usaha apotek adalah kualitas layanan obat yang akurat dan cepat serta layanan pelanggan berupa konsultasi yang tepat.

Manajemen persediaan. Ada ratusan jenis obat yang harus anda manaje dan kontrol. Perhatikan obat-obat tertentu yang menuntut penanganan khusus. Hindari kerugian akibat obat rusak, kedaluarsa atau bahkan hilang. Kunci keberhasilan keuangan usaha apotek adalah manajemen persediaan yang baik.

Isu-isu tak sedap. Ada banyak isu miring mengiringi usaha apotek, seperti isu obat palsu, obat ilegal, penggantian obat tanpa persetujuan dokter, penetapan harga obat etik yang sewenang-wenang atau salah racik, salah penulisan dosis atau cara pakai obat. Tekan isu-isu tak sedap tersebut dengan tetap berpegang teguh pada visi sebuah apotek dan perbaikan manajemen apotek terus-menerus.

Kompetisi ketat. Ketatnya persaingan usaha apotek membuat anda harus terus berpikir bagaimana bisa memenangkan persaingan memuaskan pelanggan. Tingkatkan terus pengetahuan anda dan karyawan tentang obat-obat baru. Sisihkan 1%-2% dari omset sebagai biaya promosi.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Kerja sama dengan perusahaan. Selain penjualan langsung di apotek, anda bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam menyuplai kebutuhan obat untuk unit layanan kesehatan perusahaan atau resep-resep obat dari karyawan. Diperlukan modal tambahan karena biasanya perusahaan membayar dengan cara kredit.

Layanan tambahan. Berikan layanan jemput resep dan antar obat bagi pelanggan yang membutuhkan dengan tambahan biaya tertentu. Karena kebutuhan obat bisa mendadak, berikan layanan jam operasi yang fleksibel atau bahkan 24 jam, tergantung pada hitung-hitungan keuangan.

Praktek bersama dokter. Kolaborasi praktek bersama dokter dan apotek saling menguntungkan baik untuk dokter, apotek dan pasien.

Penjualan produk penunjang. Tingkatkan penjualan dengan menyediakan berbagai produk lain, seperti kosmetik, obat herbal, peralatan kesehatan dan lain-lain.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah ~ Besar

Tingkat Kesulitan: Membutuhkan pengetahuan kefarmasian dan ketrampilan manajemeni apotek.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +4 (from 4 votes)
 

Komentar anda:

*


six + 7 =