Warning: Illegal string offset 'name' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 106

Warning: Illegal string offset 'description' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 108
Ayo Mulai Usaha Fitness Center (Pusat Kebugaran)

Ayo Mulai Usaha Fitness Center (Pusat Kebugaran)

Di jaman modern ini, sehat saja tampaknya belum cukup. Bentuk tubuh yang ideal merupakan idaman banyak orang. Itu kenapa usaha fitness center atau pusat kebugaran semakin banyak dibuka dimana-mana.


><

Kolom Iklan

Pasang Iklan di Artikel Ini?
Tertarik untuk mempromosikan usaha anda di kolom artikel ini? Klik untuk contoh. Hubungi: email

Header image courtesy SashaW / Flickr.com

Mengapa Tidak..?

Beberapa tahun lalu usaha fitness center biasanya berada di hotel-hotel berbintang. Lambat laun, usaha ini menyebar ke beberapa pusat keramaian dan pertokoan. Kini usaha fitness center dapat ditemukan di ruko-ruko, pemukiman dan perumahan. Ini menunjukkan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan dan kebugaran fisik.

Selain itu, minat masyarakat pada fitness center menjadi semacam lifestyle. Fitness center seringkali menjadi tempat pertemuan dan bersosialisasi masyarakat. Meski harga peralatan fitness center, seperti threadmill atau mesin beban, semakin terjangkau untuk konsumen rumah tangga, kebanyakan orang tetap lebih suka berolahraga di pusat kebugaran karena ingin bersosialisasi dengan rekan-rekan mereka.

AYO MULAI..!

Modal cukup besar. Usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. Anda harus membenamkan uang untuk membeli peralatan fitness dalam jangka panjang. Keuntungannya, biaya operasional usaha ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu siapkan rencana bisnis anda secermat mungkin.

Layanan fitness center. Tentukan layanan apa yang akan disediakan oleh fitness center anda. Ada bermacam-macam jenis layanan fitness center. Layanan aerobic untuk melatih kebugaran tubuh serta kekuatan jantung dan paru-paru. Layanan beban untuk membentuk otot dan tubuh yang diinginkan. Tentukan pula target pasar usaha anda, apakah remaja, dewasa, pria atau wanita. Ini akan menentukan jenis peralatan, instruktur atau trainer, desain tempat latihan, penyediaan sarana, serta manajemen operasi usaha.

Gunakan jasa ahli fitness center. Biasanya toko-toko yang menjual peralatan fitness center mempunyai tenaga ahli yang berpengalaman dalam men-set-up sebuah usaha fitness center. Diskusikan rencana usaha anda untuk mendapatkan advice yang sesuai dengan sumber daya anda.

Peralatan fitness. Pilih peralatan fitness center sesuai dengan layanan dan target pasar. Ada beragam peralatan fitness, seperti treadmill, rowing, smith machine, bench press, static bike, roman chair, cabel cross-over dan lain-lain. Anda bisa membelinya satuan atau sistem paket yang disesuaikan dengan jenis layanan fitness center anda. Jika modal anda terbatas, anda bisa mengkombinasikan peralatan home use dengan commercial use. Atau peralatan baru dengan bekas yang masih layak pakai. Sebaiknya anda membeli secara bertahap seiring dengan perkembangan usaha. Pilihlah peralatan fitness yang berkualitas baik dan teruji secara fungsional.

Ruang fitness. Berapa luas ruang fitness center yang dibutuhkan? Anda bisa memulainya dengan luas ruangan sekitar 60-75 m2 atau seluas ruko pada umumnya. Di ruangan seluas ini anda bisa memasang antara 8-12 alat fitness standar.
Desain dan lay-out ruang fitness adalah hal yang penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Layout penempatan peralatan yang baik memudahkan pengunjung mengakses suatu peralatan tanpa mengganggu pengunjung lain. Jangan ragu untuk menggunakan jasa tenaga ahli.

Lengkapi fitness center anda dengan sarana-sarana pendukung, seperti cermin dinding yang berfungsi agar pengunjung bisa memperhatikan gerakannya juga untuk memberi kesan luas pada ruangan anda. Sediakan locker pribadi, ruang ganti, toilet atau kamar mandi shower.

Instruktur fitness. Jika anda adalah seorang fitness trainer, itu akan lebih baik. Namun jika tidak, anda harus menyewa jasa instruktur berpengalaman. Untuk membentuk tubuh yang ideal, proporsional, dan bugar diperlukan tahapan-tahapan latihan yang disesuaikan dengan kondisi konsumen. Di sinilah peran seorang instruktur.

Susun program operasional fitness center. Usaha ini tidak sekedar menyewakan peralatan untuk digunakan pengunjung. Yang membuat pengunjung tertarik untuk berlatih di tempat anda adalah program latihan yang anda tawarkan. Program latihan hendaknya disusun oleh instruktur terlatih.

Temukan alternatif pembiayaan pembelian peralatan fitness. Misal, dengan membeli secara kredit atau sewa. Atau, membeli secara tukar tambah di kemudian hari saat anda ingin meningkatkan skala usaha. Jika anda tak ingin repot-repot kini sudah ada waralaba usaha fitness center yang menyediakan seluruh perlengkapan berikut paket-paket pembiayaan.

PERHATIKAN

Peralatan tiruan atau bekas. Berhati-hati dalam membeli peralatan fitness center tiruan dari bengkel yang bukan ahlinya. Perlu anda ketahui, setiap peralatan olahraga pasti telah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi tujuan penggunaannya. Memesan peralatan tiruan bisa menekan biaya investasi, tapi beresiko pada kualitas bahan dan desain. Salah-salah pengunjung fitness center anda cedera karena alat tiruan tersebut. Sebaiknya hal ini anda hindari.

Suasana bersih, nyaman dan aman. Meski ruang usaha fitness center anda tidak terlalu besar, usahakan untuk tetap bersih, nyaman dan aman. Peralatan fitness dipakai oleh pengunjung secara bergantian. Keringat pun pasti berceceran. Oleh karena itu, pastikan seluruh peralatan fitness anda dalam keadaan bersih, kering, dan siap digunakan oleh pengunjung tanpa ragu mengenai keamanannya bagi kesehatan.

Siapkan dan terapkan tata tertib di ruang fitness demi kenyamanan dan kepatutan. Misal: dilarang merokok. Dilarang berlatih tanpa mengenakan pakaian olahraga. Dilarang membawa anak kecil bermain di area fitness. Umumkan peraturan ini agar diketahui dan dimengerti pengunjung.

Senantiasa berikan layanan yang baik dan ramah pada setiap pengunjung. Anda harus mampu menghafal dan menyapa setiap nama pengunjung, terlebih anggota fitness center anda. Hospitality yang baik membuat fitness center anda bagaikan rumah ke dua bagi pelanggan anda.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Tawarkan sistem keanggotaan dan komunitas agar pelanggan lebih leluasa menggunakan fitness center anda. Misal: jam kunjung yang fleksibel, penggunaan handuk gratis, pinjaman video latihan secara gratis dan lain-lain. Sistem ini menjamin pendapatan usaha anda. Jika sistem ini berjalan dengan baik, tawarkan sistem “member gets member” untuk meraih anggota yang lebih banyak.

Amati kebutuhan pelanggan anda, lalu buatlah program kelas-kelas khusus. Misal, kelas untuk menurunkan berat badan. Atau, kelas untuk meningkatkan kekuatan aerobic. Atau, kelas latihan khusus untuk wanita dan ibu-ibu yang terpisah dari pengunjung pria.

Dapatkan tambahan penghasilan dengan menjual peralatan olahraga ringan, seperti bola-bola senam, matras latihan, minuman atau makanan suplemen, pakaian dan perlengkapan olahraga lain.

Kerja sama keanggotaan dengan fitness center lain. Untuk menjaring pengunjung lebih banyak, mengapa tidak mencoba bekerja sama dengan fitness center dari daerah lain yang setara. Dengan demikian anggota anda bisa menggunakan fasilitas di fitness center jaringan anda.

Sediakan jasa-jasa pendukung, seperti konsultasi kesehatan, pijat, dan lain-lain.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah ~ Besar.

Tingkat Kesulitan: Relatif sedang

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +11 (from 11 votes)



Comments

  1. info yg sangat membantu, tapi akan lebih membnatu lagi kalau ada rincian biaya yg dibutuhkan. mulai dari tempat, harga peralatan sampai desain interior dan sumber daya yg dibutuhkan berikut upah kerja.

    Saya minta saran dan masukan bagi agan2 & sista2 yg sudah memulai usaha fitnes center.

    Tq, Nita ^.^v

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +4 (from 4 votes)
  2. Mau juga buka usaha fitness secara offline…tapi masih kepentok biaya nih…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


5 − = three