Warning: Illegal string offset 'name' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 106

Warning: Illegal string offset 'description' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 108
Ayo Mulai Usaha Kursus Mengemudi Mobil

Ayo Mulai Usaha Kursus Mengemudi Mobil

Kursus mengemudi mobil bukan sekedar mengajar orang bisa menyetir, tapi juga menerapkan etika berkendara, mengutamakan keselamatan, mematuhi aturan lalu lintas serta “go green” dalam mengemudi.


><

Kolom Iklan

Pasang Iklan di Artikel Ini?
Tertarik untuk mempromosikan usaha anda di kolom artikel ini? Klik untuk contoh. Hubungi: email

Header image courtesy of Joint Base Lewis McChord / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Mengemudikan mobil sudah dianggap sebagai ketrampilan wajib bagi pria maupun wanita zaman sekarang. Sebagian besar orang belajar mengemudi menggunakan mobil pribadi. Sebagian lain belajar melalui lembaga kursus resmi. Mobil kursus sudah dimodifikasi dengan memasang kopling dan rem tambahan demi keamanan. Peserta kursus bisa lebih tenang dalam belajar dan meminimalkan resiko kecelakaan yang tidak perlu. Selain itu mereka juga sudah paham mengenai pentingnya mengemudi dengan teknik dan cara yang benar. Selain demi keselamatan juga kenyamanan dalam berkendara.

Inilah tantangan yang dihadapi oleh usaha kursus mengemudi mobil. Mereka perlu menawarkan nilai lebih agar masyarakat mau menggunakan jasa mereka. Usaha kursus bukan sekedar mencetak pengemudi-pengemudi yang mahir, namun juga bertanggung jawab dalam menerapkan etika berkendara yang baik, mengutamakan keselamatan, mematuhi aturan lalu lintas serta “go green” dalam mengemudi.

AYO MULAI..!

Mobil kursus. Sebaiknya anda memulai usaha dengan mobil yang ada. Mobil harus dalam keadaan baik, terawat dan layak digunakan. Lebih menarik jika jenis dan merk mobil anda termasuk yang diminati orang banyak. Pasang kopling dan rem tambahan khusus untuk instruktur mengemudi. Lengkapi mobil dengan perlengkapan yang diwajibkan oleh aturan, seperi tanda “belajar”.

Instruktur mengemudi. Dibutuhkan instruktur mengemudi yang handal, trampil, bisa mengajarkan berbagai teknik mengemudi dengan baik, mempunyai metode mengajar yang mudah diterima peserta kursus. Apakah ada persyaratan khusus menjadi instruktur selain mempunyai SIM, misal, wajib mendapat lisensi dari kepolisian setempat? Jika ya, anda harus melengkapinya.

Lokasi latihan. Sebagian besar latihan dilakukan di jalan raya. Namun untuk mengawali latihan atau menerapkan teknik-teknik tertentu, seperti memarkir mobil, berputar di jalan sempit, dibutuhkan lokasi latihan khusus. Anda bisa memanfaatkan lapangan kosong, lahan parkir tak terpakai, dengan meminta ijin terlebih dahulu.

Ruang usaha. Meski usaha anda berjalan di jalan raya, anda tetap memerlukan kantor usaha. Siapkan kantor yang layak. Siapkan pula sistem administrasi untuk mencatat perkembangan peserta kursus.

Ijin. Jika untuk membuka usaha ini dipersyaratkan ijin-ijin khusus dari instansi tertentu, seperti kepolisian, maka anda harus melengkapi. Untuk meyakinkan pelanggan, pajang setifikasi dan ijin tersebut di kantor anda.

Asuransi. Kita tidak berharap ada musibah, namun berjaga-jaga dengan memberi perlindungan asuransi pada kendaraan dan penumpangnya bisa menjadi nilai plus di mata pelanggan.

Promosi. Pasang iklan di koran setempat. Perkenalkan usaha anda di sekolah-sekolah menengah atas, kantor samsat, arisan ibu-ibu dan tempat-tempat ramai. Tempel alamat dan nomor telpon usaha anda di mobil latihan.

PERHATIKAN

Ketelatenan dan kewaspadaan. Pengalaman pertama mengemudi selalu menegangkan. Oleh karena itu kunci keberhasilan usaha ini adalah instruktur yang memiliki pembawaan tenang, menyenangkan, telaten namun tetap waspada.

Jaga kondisi kendaraan. Jangan sampai kendaraan anda mogok di tengah jalan. Ini akan menurunkan citra usaha anda.

Kerja sama dengan pihak kepolisian. Ini penting agar rekan-rekan kepolisian memberikan perhatian dan pengawasan yang baik saat anda memberikan pelatihan di jalan raya.

Teknik mengemudi yang baik. Usahakan agar lulusan dari kursus anda mempunyai nilai positif di masyarakat. Ajarkan teknik-teknik mengemudi defense driving atau mengemudi dengan penuh kehati-hatian, cara mengemudi yang bisa menghemat energi atau eco-driving, termasuk pula berbagai pengetahuan mengenai peraturan lalu-lintas.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Kerja sama dengan sekolah menengah, kampus atau kepolisian. Tawarkan kegiatan mengemudi sebagai bagian dari pelajaran ekstra di sekolah atau kampus.

Pengurusan SIM. Meski proses mengurus SIM semakin terbuka dan mudah, namun tak ada salahnya anda menawarkan jasa pendampingan saat tes untuk mendapatkan SIM.

Fleksibilitas operasi usaha. Untuk menjaring pelanggan yang lebih luas, operasikan usaha anda secara fleksibel. Misal, mendatangi tempat peserta kursus, jam kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Kerja sama dengan pemilik mobil lain. Perluas pilihan kendaraan melalui bekerja sama dengan pemilik kendaraan yang bertipe atau merk berbeda. Ini bisa menjaring pelanggan yang mungkin menginginkan kendaraan tertentu.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah~Besar

Tingkat Kesulitan: Relatif sulit, membutuhkan ketrampilan dalam mengajar mengemudi.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)



Komentar anda:

*


eight × = 40