Ayo Mulai Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan hadir untuk memenuhi kebutuhan orang akan hasil cucian yang bersih dan rapi namun mereka keberatan atau malas mencuci sendiri. Usaha ini tumbuh subur bukan hanya di kalangan kos-kosan, tapi juga ibu-ibu rumah tangga.


Header image courtesy of Teekaygee / Stock Free Images & Dreamstime Stock Photos

MENGAPA TIDAK..?

Awalnya usaha laundry kiloan hadir di sekitar kos-kosan atau kampus dan membidik para mahasiswa yang malas mencuci. Kenyataannya, jasa laundry kiloan juga digemari oleh kalangan rumah tangga yang lebih luas. Kesibukan rumah tangga membuat banyak orang merasa tak sempat mencuci. Bukan hanya tak sempat, sebagian besar dari mereka menganggap kegiatan cuci cukup menyengsarakan dan lebih baik mereka melakukan kegiatan lain yang lebih produktif.

Selain soal malas dan sibuk, usaha laundry kiloan juga dibutuhkan karena kondisi cuaca dan lingkungan perkotaan. Di saat musim penghujan, tidak mudah untuk mencuci dan mengeringkan baju dengan segera. Banyak orang mengandalkan jasa laundry kiloan untuk memastikan pakaian mereka siap dan kering saat akan digunakan. Kunci keberhasilan ada pada kualitas hasil cucian atau setrikaan. Selain itu, usaha ini bisa menguntungkan bila disertai dengan sistem kontrol yang ketat terhadap biaya operasional.

AYO MULAI..!

Peralatan laundry. Cukup banyak peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari, mesin cuci, mesin pengering atau dryer, setrika listrik, setrika uap, timbangan digital, meja setrika, instalasi air, kapasitas listrik, dan lain-lain. Buat checklist selengkap mungkin. Ada berbagai merk dan jenis mesin cuci dan mesin pengering. Pilihlah yang sudah dikenal baik, banyak dipakai, mudah perawatan dan memberikan garansi.

Bahan-bahan pencuci. Mengingat laundry kiloan menawarkan harga murah, maka anda harus cermat dalam memilih bahan-bahan kimia untuk mencuci. Namun demikian bukan berarti anda membeli bahan berkualitas rendah. Ketrampilan anda dalam menyusun takaran dan menentukan kapan suatu bahan mana harus dipakai dalam proses cuci lebih berperan dalam menghemat biaya. Misal, bahan pewangi lebih tepat dibubuhkan saat proses penyetrikaan bukan saat proses cuci karena akan sia-sia.

Ketrampilan. Dibutuhkan ketrampilan khusus mulai dari proses mencuci, membersihkan noda, mengeringkan, menyetrika sampai mengemas. Ketrampilan ini bukan hanya untuk menjamin hasil cucian dan strikaan anda bisa memuaskan pelanggan, melainkan juga sangat berperan dalam menghemat biaya operasional. Siapkan prosedur baku dan latih karyawan anda agar bisa bekerja baik sesuai dengan standar yang sudah anda tetapkan.

Pengaturan ruang usaha. Perlu ada pemisahan untuk ruang cuci, pengeringan, setrika atau pengemasan serta ruang pelayanan pelanggan. Bila pelanggan bermaksud menunggu, sediakan ruang tunggu yang layak.

Lokasi. Sebaiknya tempat usaha anda berada di dekat tempat tinggal pelanggan yang anda bidik, dan mudah dijangkau. Lebih strategis lagi bila berada di pinggir jalan raya.

Promosi. Pasang spanduk di tempat-tempat strategis. Sebar brosur dan buat program diskon di masa pembukaan. Perkenalkan secara door to door ke tempat-tempat kos, rumah tangga dan perkantoran.

PERHATIKAN

Kualitas cucian dan layanan. Kunci keberhasilan usaha anda adalah kualitas cucian yang baik serta layanan yang ramah serta selalu tepat waktu dalam menyelesaikan order. Bila anda mempekerjakan karyawan, sering-seringlah terjun sendiri untuk melakukan kontrol dan menilai kepuasan pelanggan.

Kontol pemakaian bahan. Mengingat keunggulan usaha laundry kiloan adalah tarif yang murah, berarti anda harus menjalankan usaha ini dengan kontrol biaya yang ketat; terutama biaya pemakaian bahan-bahan kimia. Anda perlu mempunyai sistem administrasi yang baik terhadap bahan-bahan. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan bahan kimia per plastik untuk satu kilogram cucian. Setiap kekurangan atau kehilangan bahan harus dimintai pertanggungjawaban.

Penanganan komplain pelanggan. Selalu saja ada keluhan pelanggan, mulai dari pakaian yang kurang bersih, pakaian rusak atau luntur, pakaian tertukar atau bahkan pakaian hilang. Anda harus memiliki sistem administrasi yang bisa mencegah terjadinya pakaian tertukar atau hilang. Anda harus bisa melacak apakah kerusakan itu disebabkan oleh proses cuci, pengeringan, setrika atau justru sudah rusak saat anda terima dari pelanggan. Jika keluhan itu memang disebabkan oleh pelayanan anda, maka anda harus memiliki prosedur penanganan dan pemberian kompensasi yang jelas.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Layanan pesan antar dan pesan jemput. Agar pelanggan semakin loyal, tawarkan layanan pesan jemput dan pesan antar di tempat pelanggan. Yang perlu diperhatikan adalah kecepatan waktu anda melakukan layanan pesan antar dan pesan jemput.

Jam operasi gerai. Terkadang pelanggan membutuhkan jasa anda dengan mendadak. Berlakukan jam layanan yang lebih fleksibel, dengan beroperasi lebih pagi atau tutup lebih malam.

Membership atau program loyalitas pelanggan. Tingkatkan loyalitas pelanggan dengan program keanggotaan istimewa. Seperti, memberikan kupon gratis.

Pelayanan fleksibel. Pelanggan sangat senang bila dibolehkan memilih pengharum sesuai selera, atau pemakaian bahan-bahan atau cara cuci tertentu. Bersikaplah fleksibel untuk pelayanan, tapi tetaplah konsisten pada kualitas.

Kerja sama dengan kantor atau perusahaan. Selain membidik pasar rumah tangga, kos atau mahasiswa, anda bisa menawarkan kerja sama pencucian pakaian kerja atau perlengkapan garmen ke kantor-kantor atau perusahaan di sekitar lokasi usaha.

Tingkatkan ketrampilan mencuci. Banyak pelanggan yang sebenarnya memiliki mesin cuci sendiri di rumah, namun tetap membutuhkan layanan laundry kiloan. Mereka ingin membersihkan noda-noda yang tidak mampu mereka bersihkan sendiri. Tingkatkan ketrampilan agar anda bisa menawarkan jasa-jasa lain, seperty dry cleaning, cuci karpet, cuci pakaian khusus dan lain-lain.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Kecil~Menengah

Tingkat Kesulitan: Relatif mudah dikelola, membutuhkan ketrampilan dalam melakukan proses laundry.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
 

Comments

  1. wah menarik buat usaha laundry kiloan ni memang.. buat yang g mau ribet bisa juga gabung ama http://waroenklaundry.com ane pernah baca disitu nawarin paket lengkapnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


3 × seven =