Ayo Mulai Usaha Les Privat Anak-anak Sekolah

Meski ada banyak lembaga kursus atau bimbingan belajar (bimbel), tak sedikit orangtua yang lebih suka mendatang pengajar les privat ke rumah. Ini adalah peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


Header image courtesy GSCSNJ / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Banyak orangtua merasa perlu memberikan les pelajaran sekolah tambahan bagi anak-anaknya. Sebagian orangtua  memanfaatkan jasa bimbingan belajar (bimbel). Namun ada juga yang lebih suka mengundang pengajar datang dan memberikan les privat di rumah. Mereka biasanya merasa lebih nyaman jika anak-anak mereka belajar di rumah karena dapat diawasi langsung. Selain itu, mereka bisa memilih pengajar yang sekiranya dianggap cocok dengan anaknya. Pengajar les privat yang biasanya disukai adalah orang muda, seumuran mahasiswa, yang dianggap masih paham dengan materi pelajaran sekolah.

Kebutuhan akan les privat ini merupakan peluang usaha bagi para mahasiswa, terutama bagi mereka yang punya kemampuan mengajar yang baik. Usaha ini nyaris tidak membutuhkan modal finansial, mudah dijalankan, namun memberikan hasil yang lumayan.

AYO MULAI..!

Siapkan materi dan bahan ajar sebaik mungkin sesuai dengan tujuan pengajaran anda. Jika tugas anda adalah membantu anak-anak belajar, maka kuasai kurikulum sekolah. Jika tugas anda adalah untuk menghadapi ujian, maka siapkan materi soal-soal dan latihan. Tujuannya agar pola ajar anda bisa berjalan runtut dan dapat dievaluasi hasilnya.

Miliki trik-trik menguasai suatu pelajaran. Beberapa pelajaran menjadi momok bagi anak-anak, seperi matematika, bahasa Inggris, fisika atau kimia. Akan sangat menarik bagi anak-anak jika anda mempunyai trik-trik atau “shortcut” untuk menguasai suatu materi secara mudah.

Matangkan mental mengajar anda. Meski pun hanya les privat, anda tetap harus mempunyai mental dan kepribadian mengajar yang baik. Tujuannya agar anda bisa menjalin komunikasi yang efektif dengan anak didik. Pelajari aspek psikologi pengajaran agar cara ajar anda disukai dan mudah diterima anak-anak.

Jangan ragu-ragu menetapkan tarif. “Keberanian” memasang tarif menunjukkan tingkat profesionalisme anda di usaha ini. Ketahui berapa tarif yang berlaku sewajarnya.

Jangan lupa, anda tetap perlu “modal kerja”. Usaha ini mengandalkan kemampuan individu, namun bukan berarti anda tak perlu menyiapkan “modal” apa-apa. Tunjukkan profesionalisme anda dengan tetap mempunyai peralatan belajar-mengajar pribadi dan hindari menggunakan peralatan milik konsumen anda.

Lakukan promosi getok tular. Menyebarkan brosur memang bisa saja dilakukan, namun referensi tentang kemampuan anda yang disampaikan dari mulut ke mulut adalah sarana pemasaran yang paling efektif.

PERHATIKAN

Kenali alasan orangtua memilih les privat, yaitu agar menghemat waktu dan tenaga anak, bisa mengawasi langsung anak, merasa lebih aman jika anak belajar di rumah. Selain itu, biasanya pemilihan anda sebagai pengajar les sudah melalui persetujuan anak itu sendiri.

Perhatian penampilan, pembawaan dan kepribadian anda. Selain mengandalkan pengetahuan, usaha ini erat kaitannya dengan kepercayaan dari orangtua yang menitipkan anaknya pada anda. Oleh karena itu jangan abaikan faktor pembawaan serta kepribadian anda.

Ciptakan suasana belajar yang santai, bersahabat dan menyenangkan. Ketahui bagaimana pendekatan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Salah satu tanda cara mengajar anda cukup baik adalah saat anak didik anda berani bertanya tentang materi pelajaran yang kurang jelas.

Atur waktu sebaik-baiknya. Salah satu keunggulan les privat adalah fleksibilitas soal waktu. Namun hal ini menjadi pisau bermata-dua saat anda sibuk dengan urusan kuliah atau pribadi. Selain itu, Persiapkan diri anda dengan alat komunikasi agar anda mudah dihubungi.

Secara berkala, berikan laporan evaluasi perkembangan anak pada orangtua. Berikan pula saran-saran dan lakukan konsultasi dengan orangtua untuk memperbaiki prestasi siswa. Orangtua akan merasa senang bila anaknya diperhatikan secara sungguh-sungguh.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Susun curriculum vitae tentang diri anda, meliputi prestasi akademik, pengalaman mengajar, juga keterangan pribadi anda.

Jangan ragu-ragu menawarkan jasa anda pada calon konsumen. Jika anda yakin pada kemampuan dan layanan anda yang baik, mengapa harus ragu?

Mintakan referensi dari orangtua yang puas pada layanan anda. Getok tular adalah sarana promosi yang paling efektif untuk usaha ini, karena melibatkan unsur kepercayaan dari orangtua.

Bila perlu, adakan sistem trial. Maksudnya, bila tak puas, orangtua bisa menghentikan jasa les privat anda pada bulan pertama tanpa perlu membayar anda.

Bila permintaan pada jasa anda semakin banyak, kenapa tidak membangun jaringan dan mengkoordinir pengajar les privat dalam sebuah lembaga usaha?

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Kecil.

Tingkat Kesulitan: Mudah

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +16 (from 16 votes)
 

Comments

  1. sayapun begitu, sedang berusaha mengembangkan usaha privat say yang saya mulai sendiri. Yang awalnya semata-mata hanya utk mengembangkan ilmu bahasa inggris saya yg sayang kl terlupakan krn saya sdh lulus kuliah. trimakasih infonya..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. infonya bagus banget, thanks..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Salam pak Leo. saya Tanti, saya berencana untuk membuka usaha pivat b.inggris. melihat pangsa pasar di sekitar lokasi, saya yakin privat ini banyak diminati. yang ingin saya tanyakan, jika saya merekrut beberapa orang pengajar berapa persen perbandingan gaji yang akan diterima oleh pengajar tersebut dan saya sebagai pemilik. terima kasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)

Komentar anda:

*


nine × = 81