Ayo Mulai Usaha Minuman Teh Dalam Cup

Usaha minuman teh dalam cup atau dikenal dengan teh poci memenuhi kriteria yang diangankan banyak orang: sederhana, mudah dijalankan, resiko kecil, tidak butuh modal besar, namun tetap memberikan keuntungan.


Header image courtesy El Villano / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Teh adalah minuman kegemaran masyarakat Indonesia. Kita dengan mudah menemukan minuman teh tersedia dimana-mana. Minuman teh selalu menemukan momentum untuk berevolusi memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu momentum besar itu adalah ketika perusahaan Sosro menjual teh dalam botol, yang dikenal dengan teh botol Sosro. Sejak saat itu, kita bisa minum teh dimana pun.

Usaha minuman teh dalam gelas plastik yang bisa dibawa (take away) kini banyak ditemui di pusat-pusat perbelanjaan, perkantoran, mini market dan tempat-tempat keramaian. Untuk menjalankannya tidak membutuhkan modal besar, cukup dengan sebuah gerai/booth/rombong berukuran kecil. Juga tidak memerlukan ketrampilan khusus. Pegawasannya pun relatif mudah. Anda bisa menjalankan usaha ini dengan mengembangkan produk sendiri. Atau bekerja sama dengan pewaralaba yang kini banyak tersedia.

AYO MULAI..!

Temukan resep minuman teh yang pas. Sebagian konsumen Indonesia menyukai teh dengan rasa kesat, terasa teh-nya, tidak terlalu manis dan segar. Uji cobakan rasa teh formulasi anda pada beberapa kenalan dan keluarga. Jika dianggap sudah cocok, catat dan dokumentasikan semua bahan dan proses pembuatan teh anda. Tujuannya adalah untuk menjaga mutu produk.

Gunakan bahan-bahan yang baik. Pastikan bahan racikan teh, gula pasir, air, es batu, gelas plastik, dan perlengkapan lain yang digunakan terjaga kualitasnya. Meski “hanya” sekedar minuman teh, anda tetap berkewajiban melindungi konsumen dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Siapkan perlengkapan usaha: gerai / booth / rombong, container / dispenser teh, cooler / ice box, mesin seal, termos, saringan, sendok, centong, kompor dan panci untuk memasak gula, termos. Siapkan gerai menarik, praktis namun tetap fungsional untuk memudahkan mobilisasi. Ukuran booth menentukan sewa ruang usaha. Untuk menghemat tempat anda bisa menyiapkan formula teh di rumah untuk kemudian diracik di lokasi usaha.

Siapkan nama usaha, merk dan logo yang menarik konsumen. Bila anda tidak mau repot-repot melakukan hal ini, anda bisa bekerja sama dalam bentuk waralaba dan kemitraan. Konsekuensinya, anda harus menyediakan investasi lebih banyak serta terikat dengan aturan yang dapat membatasi usaha (misal: pengaturan wilayah usaha dengan pemegang hak waralaba lain).

Lokasi strategis adalah kunci untuk meningkatkan pendapatan. Lokasi tersebut haruslah dilalui dan menjadi pusat aktivitas banyak orang. Mudah dijangkau. Serta aman dari gangguan-gangguan yang tak diinginkan. Perlu diperhatikan, semakin strategis suatu lokasi, semakin mahal ongkos sewanya. Karena itu, lakukan riset secara teliti sebelum menentukan lokasi usaha.

Berikan pelatihan pada karyawan cara-cara menyuguhkan dan melayani pelanggan dengan baik. Lengkapi karyawan anda dengan seragam yang menarik.

Umumnya usaha ini tidak memerlukan kegiatan promosi khusus. Jika anda mempunyai gerai / booth / rombong yang menarik, itu sudah menjadi sebuah cara promosi tersendiri.

PERHATIKAN

Rasa teh. Pastikan rasa teh anda selalu prima sesuai dengan mutu yang anda inginkan. Lakukan uji rasa setiap kali membuat racikan teh baru. Jangan sajikan teh bila rasanya tidak sesuai mutu.

Selalu jaga kebersihan gerai usaha teh anda. Terapkan prosedur untuk selalu menjaga agar gerai anda kering, tidak acak-acak dan nyaman dilihat pelanggan. Hindari membuka gerai di dekat dengan tempat yang kurang sedap atau kurang terjaga kbersihannya.

Kebijakan harga. Rata-rata penjual teh dalam cup menerapkan harga yang hampir sama satu sama lain. Perbedaan harga biasanya dikarenakan beda ukuran kemasan atau adanya variasi rasa teh.

Jangan lalai. Meski pengelolaannya mudah, namun anda tetap harus mengontrol secara terus-menerus, terutama jika anda tidak menangani langsung usaha ini. Awasi pemasukan kas karena kebanyakan usaha ini tidak menerapkan sistem nota tanda bayar. Terapkan sistem target atau standar jumlah cup terjual atau omset per racikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah fluktuasi harga bahan baku, seperti gula. Ini bisa mempengaruhi keuntungan anda.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Ciptakan aneka variasi produk. Meski teh dengan rasa standar tetap yang paling digemari, namun untuk meningkatkan harga dan omset penjualan, anda bisa mencoba menjual variasi teh yang menarik. Misal, teh susu, teh dengan imbuhan agar-agar, atau teh rasa buah.

Layanan pesan antar. Ya, kenapa tidak. Jika ada membuka gerai di mall, ada banyak pegawai atau pengelola toko yang butuh minum teh namun tidak sempat keluar dari tempat kerjanya. Jajakan secara keliling.

Bekerja sama dengan penyelenggara pameran atau keramaian. Jika mereka melakukan kegiatan, mintalah mereka mengajak serta anda untuk membuka gerai di sana. Siapkan gerai yang mudah dimobilisasi. Di event-event khusus ini ada yang mematok tarif sedikit lebih mahal untuk menaikkan pendapatan.

Jika ada telah menguasai usaha ini, mengapa tidak membuka gerai baru?

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Kecil

Tingkat Kesulitan: Relatif mudah

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +9 (from 9 votes)
 

Comments

  1. Hasan says:

    Mohon bantuannya cara membuat teh dalam kemasan gelas plastik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


8 + eight =