Ayo Mulai Usaha Pemeliharaan Kolam Renang

Jangan terburu skeptis. Coba lakukan survey dan pendataan berapa jumlah kolam renang di pemukiman elit yang ada di kota-kota sekitar daerah operasi anda. Mungkin anda akan terkejut, jumlah mereka lumayan juga.


Header image courtesy of SuperFantastic / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Usaha pemeliharaan kolam renang? Mungkin terdengar sedikit skeptis. Hanya hotel, apartemen, taman wisata dan pemukiman mewah di kota-kota besar saja yang kebanyakan memiliki kolam renang. Pasar untuk usaha ini boleh dibilang relatif sempit dibanding bidang usaha lain. Namun justru karena pasar yang spesifik itulah maka persaingan usaha ini belum terlalu padat. Dengan demikian, anda bisa lebih memfokuskan diri pada kualitas layanan yang anda tawarkan.

Bagaimana pun juga pemukiman elit yang memiliki kolam renang harus memelihara kolam renang mereka secara rutin. Rasanya sulit membayangkan sang pemilik punya cukup waktu untuk membersihkan kolam renangnya sendiri. Artinya, jasa usaha ini tetap dibutuhkan. Terlebih lagi, konsumen kelas atas biasanya tidak terlalu sensitif terhadap harga. Mereka lebih mengutamakan kualitas jasa dan layanan. Jika anda memiliki kecakapan dalam pemeliharaan kolam renang serta bersedia memberikan pelayanan terbaik, maka konsumen takkan ragu untuk menggunakan jasa anda.

AYO MULAI..!

Keahlian dalam merawat kolam renang. Sebaiknya usaha ini dimulai oleh anda yang sudah memiliki keahlian cukup dalam memelihara kolam renang. Sayangnya, tidak ada kursus khusus untuk memperoleh kecakapan ini sehingga anda perlu menjalani magang terlebih dahulu. Keahlian yang dibutuhkan adalah membersihkan kolam dari berbagai kotoran, menjaga kualitas air menggunakan bahan-bahan kimia, memastikan sirkulasi atau instalasi pengolah air berjalan baik.

Perlengkapan kerja. Anda perlu membeli peralatan untuk membersihkan kolam, seperti skimmer (penyaring), selang, pompa atau vacum, sikat, dan sejenisnya.

Bahan-bahan kimia. Untuk menjaga kualitas air, anda perlu berbagai bahan kimia, seperti, chlorine, sodium carbonate, mutriatic acid, dan lain-lain sesuai dengan referensi yang dipersyaratkan. Anda juga memerlukan tool kit atau alat test, seperti pH chart, tabung reaksi, dan lain-lain. Simpan semua perlengkapan kerja dan bahan-bahan kimia dalam container yang kompak dan mudah dibawa.

Kendaraan. Usaha anda perlu ditunjang dengan kendaraan, semacam station wagon atau minibus yang telah dimodifikasi, yang dapat mengangkut berbagai perlengkapan kerja. Jadikan kendaraan anda sebagai media promosi berjalan dengan memajang nama usaha, alamat dan nomor telpon yang bisa dihubungi.

Seragam. Perlengkapi diri anda dengan pakaian atau seragam kerja formal yang pantas dan fungsional, mengingat anda harus bekerja di udara terbuka dan terpapar matahari cukup lama. Alat komunikasi, seperti telpon selular, juga penting karena inilah kantor bergerak anda.

Daftar pelanggan/prospek. Lakukan survey dan kumpulkan data calon pelanggan. Jangan hanya berkutat di kota anda, tapi menjelajahlah ke daerah di kota sekitar yang bisa anda jangkau. Anda bisa juga mengumpulkan data dengan melihat buku telpon atau bekerja sama dengan pihak developer, kontraktor kolam renang, atau bahkan security perumahan.

Promosi. Lakukan promosi dengan menyebarkan profil dan brosur langsung ke target konsumen. Pasanglah iklan di koran setempat, banner di sekitar lokasi pemukiman. Meski jangkauannya terlalu luas, tak ada salahnya membuat website untuk usaha anda. Jadikan diri anda sendiri sebagai iklan berjalan dengan mengenakan seragam lengkap.

PERHATIKAN

Ketekunan dalam mengelola usaha. Karena pasar usaha ini sangat spesifik dan terbatas, dibutuhkan ketekunan tingkat tinggi untuk memulai dan menjalankannya. Selain itu, anda juga harus bisa menjadi sosok yang bisa dipercaya oleh pelanggan. Namun, begitu anda bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, niscaya usaha ini dapat diandalkan.

Musim hujan. Mengelola usaha ini saat musim hujan atau musim dingin membutuhkan keuletan tersendiri. Meski kolam renang lebih menarik diceburi saat musim panas, bukan berarti kolam renang tak perlu dirawat selama musim hujan. Tawarkan paket hemat pemeliharaan selama musim penghujan guna menjaga pendapatan anda tetap mengalir.

Daya tahan tubuh. Bekerja di luar ruangan, di udara terbuka dan terpapar sinar matahari bisa menyiksa. Anda harus selalu menjaga kondisi dan daya tahan tubuh agar selalu siap memberikan pelayanan pada pelanggan.

Kualitas air kolam renang. Air kolam yang baik, secara fisik, tidak berbau dan berasa, serta tampak berkilauan cantik saat tertimpa cahaya. Air kolam juga harus dijaga agar tidak banyak mengandung bakteri, virus, dan jamur untuk mencegah penularan berbagai penyakit dan jamur. Tingkatkan selalu pengetahuan anda tentang pengelolaan dan penjaminan mutu air kolam renang yang baik.

Pelayanan kelas premium. Untuk memuaskan pelanggan kelas atas anda harus bisa memberikan pelayanan tingkat tinggi. Misal, menepati jadwal kunjungan, merespon permintaan dengan segera, menjamin kualitas layanan. Anda juga harus memiliki program customer care yang baik, seperti, menyelenggarakan buku catatan kunjungan, kartu pemantauan dan pemeliharaan, serta program menyapa pelanggan anda secara rutin, dan lain-lain.

Referensi pelanggan. Kepada pelanggan yang puas, mintakan referensi atau minta mereka membantu menyebarkan informasi mengenai usaha anda pada network mereka.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Perbaikan kolam renang. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk menawarkan jasa perbaikan kolam renang.

Penjualan bahan-bahan kimia. Dapatkan penghasilan tambahan dengan menjual bahan-bahan kimia untuk membersihkan air kolam renang. Siapkan paket bahan kimia berikut buku panduan yang mudah dipahami oleh pelanggan.

Penjualan filter dan perlengkapan instalasi air kolam renang. Sediakan pula jasa untuk mengganti filter instalasi pengolah air kolam renang.

Kerja sama dengan kontraktor pembangunan kolam renang. Jalinlah kerja sama dengan kontraktor pembangunan kolam renang untuk memperluas jaringan usaha.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah

Tingkat Kesulitan: Relatif sedang-sulit, membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan tentang perawatan dan pemeliharaan kolam renang.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +4 (from 4 votes)
 

Komentar anda:

*


six − 2 =