Ayo Mulai Usaha Penitipan Anak (Day Care)

Menitipkan anak bagi sebagian keluarga adalah keputusan yang dilematis. Secara budaya, kita lebih mempercayakan anak pada sanak keluarga. Namun kebutuhan ini semakin nyata ketika keluarga menjadi semakin sibuk.


Header image courtesy of familymwr / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Bila anda berpikir usaha penitipan anak (day care) hanya untuk golongan atas, mungkin tak bisa disalahkan karena usaha ini pada awalnya banyak berdiri di daerah pemukiman elit di kota-kota besar. Namun dalam perkembangannya, usaha penitipan anak juga dapat ditemui di daerah pemukiman kaum urban, dimana pasangan suami istri sibuk bekerja. Bahkan usaha serupa dalam bentuk sederhana dapat dijumpai di daerah padat penduduk dekat lingkungan industri.

Usaha ini relatif mudah. Tidak membutuhkan modal terlalu besar asalkan anda bisa memanfaatkan aset ruang usaha atau rumah yang ada. Yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mengasuh anak-anak dengan penuh kasih sayang dan cekatan. Bila anda adalah orang yang menyukai anak-anak, usaha ini mungkin cocok dan bisa anda pertimbangkan.

AYO MULAI..!

Lokasi usaha. Usaha penitipan anak yang membidik keluarga kelas atas perlu berada di lokasi premium, dekat pemukiman elit atau di sekitar perkantoran. Sedangkan usaha penitipan anak untuk keluarga menengah ke bawah bisa didirikan di perumahan atau dekat lingkungan pabrik atau kantor. Yang penting lokasi usaha harus mudah dijangkau serta aman.

Ruang day care. Perlu disediakan ruang untuk bermain, istirahat atau kamar tidur, ruang belajar, ruang makan, toliet, serta dapur. Ada baiknya disediakan ruang khusus untuk merawat anak sakit. Halaman terbuka bisa dimanfaatkan sebagai tempat beraktivitas anak. Untuk memulai usaha penitipan anak rumahan, anda bisa merombak rumah dan menata ulang sesuai kebutuhan.

Perlengkapan permainan dan aktivitas anak. Anda perlu menyediakan berbagai furniture dan peralatan untuk anak belajar, makan, istirahat atau tidur. Berbagai permainan edukasi, bahan aktivitas, bacaan anak perlu anda siapkan. Hindari permainan elektronik. Pilah permainan sesuai dengan usia anak. Siapkan pula obat-obatan dan perlengkapan untuk pertolongan pertama, peralatan medis, seperti termometer, timbangan, tensimeter dan lain-lain. Buat check-list lengkap agar tak ada yang tertinggal.

Program aktivitas. Daya tarik usaha penitipan anak ada pada program aktivitas. Keluarga tidak hanya bermaksud menitipkan anak, mereka juga ingin melihat anak mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Mendapat pengasuhan dan pelatihan yang layak sesuai dengan perkembangan anak. Siapkan program bermain, belajar, dan aktivitas lain, termasuk program pemantauan pertumbuhan dan kesehatan anak. Bila perlu dalam menyusun program ini anda melibatkan ahli psikologi anak, pendidik anak-anak, ahli gizi dan dokter.

Pengasuh yang cekatan. Untuk memulai usaha, anda bisa bertindak sebagai pengasuh langsung. Bila anda memerlukan tenaga kerja, anda harus mempekerjakan tenaga pengasuh yang terampil, cekatan dan cakap dalam mengasuh anak.

Ijin. Jika ada ijin-ijin khusus untuk usaha ini, anda perlu melengkapi. Anda perlu memahami bahwa usaha penitipan anak adalah usaha yang mengandalkan kepercayaan. Salah satu bentuk komitmen anda untuk menjaga kepercayaan itu adalah dengan memenuhi semua persyaratan legal yang diperlukan.

Promosi. Lakukan promosi secara langsung ke perumahan, perkantoran, pabrik. Promosi secara getok tular dan membangun jaringan lebih efektif karena usaha ini lebih mudah menarik pelanggan melalui sistem referensi. Namun promosi melalui spanduk dan brosur, tidak ada salahnya dilakukan.

PERHATIKAN

Batasan usia anak. Ada usaha penitipan anak yang menerima anak usia 3 bulan sampai 5-6 tahun. Biasanya mereka ingin melayani ibu-ibu yang harus bekerja setelah cuti melahirkan. Ada pula yang hanya menerima setelah anak berusia 6 bulan. Berapa batasan usia ini sangat bergantung pada kecakapan anda dalam mengasuh anak tersebut.

Jam buka. Umumnya jam kerja penitipan anda dimulai jam 7 pagi sampai sore selepas pulang kerja. Batasan jam usaha ini perlu anda pertimbangkan terkait dengan jumlah kebutuhan tenaga pengasuh yang diperlukan.

Cinta anak-anak. Usaha ini menuntut pengelolanya memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang tinggi pada anak-anak. Tunjukkan perhatian yang sungguh-sungguh mulai dari saat menerima anak sampai melepas lagi. Lengkapi usaha anda dengan catatan atau kartu perkembangan untuk setiap anak. Tunjukkan dan diskusikan pada orangtua secara berkala agar mereka tahu perkembangan dan apa-apa yang harus dilakukan agar anak tumbuh semakin baik.

Terus belajar. Tingkatkan pengetahuan dan ketrampilan anda dan para pengasuh dengan mengikuti perkembangan ilmu, teknik pendidikan, metode perawatan terkini.

Kebersihan, keamanan dan pelayanan ramah. Selalu jaga kebersihan dan keamanan ruang dan perlengkapan aktivitas anak. Jangan sampai anak yang dititipkan jatuh sakit atau cedera akibat kecerobohan dalam mengelola usaha.

Anak sakit. Setiap menerima anak, selalu lakukan pemeriksaan sederhana untuk mengetahui kesehatan. Tanyakan pada orangtua, apakah ada gejala gangguan kesehatan. Anak sakit harus diasuh secara terpisah dari yang lain.

Tarif. Perhatikan tingkat tarif yang berlaku di pasar. Jangan ragu untuk memberikan harga lebih bila pelayanan anda benar-benar lebih unggul dibanding yang lain. Biasanya pelanggan menengah ke atas lebih memperhatikan aspek kualitas ketimbang harga.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Penitipan 24 jam, harian, jam-jaman. Penitipan anak 24 jam? Mengapa tidak. Sekarang banyak juga wanita yang harus bekerja shift malam. Tarif harian biasanya banyak diterapkan saat liburan, dimana keluarga mungkin keberatan kalau harus membayar biaya bulanan. Tarif jam-jaman biasanya diterapkan untuk keluarga yang ingin menitipkan anak sementara waktu karena mereka harus keluar rumah untuk urusan yang tak terlalu lama.

Antar jemput anak. Untuk menarik pelanggan yang sangat sibuk, anda bisa memberikan layanan antar jemput anak. Pastikan anda memiliki kendaraan roda empat yang layak.

Home care. Terkadang keluarga ingin meninggalkan anak, namun tak ingin menitipkan dengan alasan tertentu, seperti sakit. Anda bisa menawarkan layanan home care, yaitu mengasuh anak di rumah anda. Tunjukkan anda adalah pihak yang sangat bisa dipercaya.

Anak kebutuhan khusus. Kembangkan kemampuan anda untuk mengasuh anak dengan kebutuhan khusus, seperti autis, hyperactive, dan lain-lain. Spesialisasi ini bisa menaikkan citra usaha dan penghasilan.

Toko makanan dan pakaian anak. Dapatkan penghasilan tambahan dengan membuka counter toko makanan, pakaian, mainan atau perlengkapan anak lain di lokasi usaha.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah

Tingkat Kesulitan: Relatif mudah-sedang, membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan tentang pengasuhan anak.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +7 (from 7 votes)
 

Komentar anda:

*


− 5 = one