Ayo Mulai Usaha Penyalur Kue & Jajan

Bila anda mempunyai jaringan atau kenalan para pengrajin kue sekaligus toko-toko dan pengecer kue, maka anda mempunyai modal terpenting untuk menjalankan usaha penyalur atau distributor kue dan aneka jajanan.


Header image courtesy Rachid Lamzah / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Penyalur atau distributor kue mungkin sebuah pekerjaan yang terdengar asing. Bukankah selama ini para pengrajin atau produsen kue menjual produk mereka langsung ke pasar atau ke pedagang eceran? Bukankah menambah satu mata rantai penjualan berarti menambah ongkos produksi atau mengurangi profit usaha? Mungkin pendapat ini benar adanya. Namun pada kenyataannya, banyak orang mulai menggeluti usaha menyalurkan kue dan aneka jajanan ini.

Bukan hanya itu, banyak pengrajin kue memilih untuk menggunakan jasa penyalur kue dalam memasarkan produk mereka. Di sisi lain, toko dan pengecer kue juga lebih suka bekerja sama dengan para penyalur kue. Mengapa demikian? Karena agar masing-masing pihak bisa memusatkan perhatian dan tenaga mereka untuk kegiatan usaha yang benar-benar dikuasai.

Para pengrajin bisa lebih memanfaatkan waktu, tenaga dan keahliannya dalam membuat kue dan jajan yang disukai konsumen. Toko-toko dan para pengecer bisa lebih memusatkan perhatian pada kegiatan penjualan mereka. Sedangkan tugas untuk mendistribusikan, menyalurkan, menyebarkan kue dari para produsen ke berbagai daerah, toko dan pengecer dilakukan oleh pengusaha distributor atau penyalur kue tersebut. Anda tertarik?

AYO MULAI..!

Memulai dari nol atau berafiliasi? Memulai usaha distribusi dari nol tidaklah mudah. Anda harus berjerih payah membangun perkenalan, kepercayaan dan kerja sama dengan berbagai pihak, yaitu pengrajin kue dan toko atau pengecer kue. Namun bila anda berhasil, anda akan memiliki jaringan usaha yang kuat. Bila anda ingin memulai usaha secara lebih mudah dan segera, anda bisa menjalin kerja sama atau berafiliasi dengan pengusaha distributor atau penyalur yang sudah ada.

Jaringan pengrajin/produsen kue dan jajan. Anda harus memiliki data lengkap para pengrajin kue yang ada di daerah anda. Bukan sekedar nama dan alamat, melainkan pula jenis produk unggulan masing-masing pengrajin. Hubungi mereka, tawarkan kerja sama usaha. Sampaikan apa keuntungan yang bisa mereka dapatkan dengan menjual produk mereka melalui perusahaan distribusi anda.

Jaringan pengecer/penjaja kue dan jajan. Anda juga harus memiliki data lengkap toko, pengecer, dan para penjaja kue. Tawarkan kue dan aneka jajanan dari para produsen kue tersebut pada mereka. Yakinkan bahwa mendapatkan suplai dari penyalur kue seperti anda memberikan manfaat lebih.

Konsinyasi atau jual putus? Pada umumnya bentuk kerja sama antara produsen dan pengecer kue adalah penjualan dengan sistem titipan atau konsinyasi. Anda bisa menerapkan cara yang sama. Namun demikian, bila produk yang anda salurkan memiliki masa kedaluarsa cukup panjang dan laris, tak ada salahnya anda melakukan jual beli putus, tentu dengan keuntungan yang lebih besar.

Kendaraan. Anda bisa memulai usaha ini dengan bermodalkan kendaraan bermotor roda dua. Bila usaha anda berkembang dengan baik, anda perlu mempertimbangkan kendaraan roda empat yang mempunyai kapasitas kirim dan daya jelajah yang lebih baik.

Boks kue. Siapkan boks, kotak atau keranjang untuk mengangkut dan menjaga kue-kue dagangan anda tetap dalam keadaan baik selama perjalanan.

Nampan kue. Mungkin anda perlu menyiapkan nampan atau loyang kue untuk menempatkan kue-kue anda di etalase toko kue atau tempat dagangan para pengecer kue. Beri tanda khusus pada nampan kue anda agar tidak tertukar dan hilang.

Catatan administrasi. Penting untuk mempunyai catatan dan sistem administrasi yang baik. Setiap pengambilan dan penyerahan kue baik dengan pihak pengrajin maupun toko kue harus disertai nota dan catatan lengkap. Ini demi menghindarkan anda dari kekeliruan dan perselisihan yang tak perlu.

Promosi. Luasnya jaringan kerja sama dan area kerja usaha anda adalah bentuk promosi terpenting bagi setiap usaha distribusi. Selain itu, tertib administrasi dan keuangan juga merupakan nilai lebih yang akan menumbuhkan rasa saling percaya antara anda dengan mitra-mitra usaha anda.

PERHATIKAN

Manfaat distributor. Penyalur kue memberikan manfaat penting bagi industri kue, yaitu menyebarkan macam-macam produk kue dari satu daerah ke daerah lain yang lebih jauh dan tak mudah dijangkau langsung oleh para pengrajin kue. Sebaliknya, bagi toko kue, bekerja dengan satu penyalur kue yang membawa beraneka ragam produk adalah lebih efisien ketimbang berhubungan dengan banyak pengrajin kue sekaligus.

Area kerja distribusi. Usaha anda akan cepat berkembang bila anda memiliki daya jangkau atau area kerja distribusi yang luas. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk terus menjelajah dan membuka pasar-pasar baru serta menjalin kerja sama dengan lebih banyak mitra usaha.

Operasi usaha yang efisien. Karena prosentase keuntungan atau margin usaha distribusi relatif tidak besar, maka kunci keberhasilan keuangan usaha anda adalah operasi usaha yang efisien; termasuk di dalamnya kemampuan anda untuk melakukan proses penagihan dan penyeleaian hutang piutang secara cepat dan akurat.

Menjaga kualitas kue. Jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas kue tetap dalam keadaan baik selama perjalanan. Carilah cara dan perlengkapan untuk menunjang hal ini. Menjaga kue tetap baik selama pengiriman berarti menjaga kepercayaan dengan pemilik kue dan penjual ke.

Hubungan baik dengan prinsipal dan gerai. Selalu jaga hubungan baik dengan pengrajin kue atau prinsipal dan gera atau toko/pengecer kue. Salah satu caranya adalah dengan saling berbagi informasi tentang produk-produk yang sedang digemari masyarakat, bagaimana meningkatkan kualitas kue, serta selalu memperkenalkan produk-produk baru yang menarik.

Selling skill. Tugas mendistribusikan barang bukan sekedar memindahkan barang dari produsen ke retail atau pengecer. Anda dituntut untuk terus meningkatkan salesmanship anda; terutama kemampuan untuk menjajakan produk-produk baru, memajang produk agar menarik perhatian konsumen, serta memberikan penawaran harga dan kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Kesepakatan kerja sama. Meski kebanyakan kerja sama usaha baik antara anda dengan pengrajin dan toko/pengecer kue berbentuk informal, namun ada baiknya ada membuatnya dalam kesepakatan tertulis. Bila mitra anda enggan melakukannya, anda bisa mencetaknya secara sederhana dalam nota serah terima barang.

Resiko usaha. Resiko usaha tentu saja ada. Biasanya ini terjadi karena anda tidak cukup baik dalam menjalankan operasi usaha. Misal, kurang disiplin dalam mengunjungi gerai kue sehingga banyak kue yang sudah kedaluarsa atau rusak. Karena itu, tingkatkan disiplin operasional usaha.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Pusatkan perhatian pada produk dan gerai yang menguntungkan. Selalu evaluasi produk dan gerai mana yang menguntungkan dan mana yang kurang begitu laku. Pusatkan tenaga dan sumber daya financial anda pada produk dan gerai-gerai yang laku.

Jalin kerja sama dengan penyalur lain. Kerja sama tersebut bisa berupa tukar menukar barang, berbagi area kerja, hingga membentuk agen atau semacam sub distributor. Dengan demikian produk yang anda salurkan bisa lebih bervariasi, serta bisa menjelajahi pasar-pasar yang lebih luas.

Rambah pasar luar kota/daerah. Jangan hanya berkutat di area sekitar saja. Jelajahi kota-kota sekitar. Bahkan bila perlu, jalin komunikasi dengan mitra di luar daerah atau luar pulau.

Jajakan produk-produk baru atau produk lain. Jaringan adalah kekuatan. Begitu anda memiliki jaringan yang kuat, anda bisa dengan mudah membawa masuk berbagai produk-produk baru.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Kecil-Menengah

Tingkat Kesulitan: Relatif mudah, membutuhkan ketrampilan menjual atau salesmanship dan mengoperasikan usaha dengan efisien.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
 

Komentar anda:

*


− 2 = three