Ayo Mulai Usaha Persewaan Lapangan Futsal

Selain sebagai sarana berolahraga, futsal juga digunakan untuk ajang bersosialisasi dan gaya hidup masyarakat kota. Olahraga ini digemari kaum pria dari berbagai golongan dan usia. Membuka usaha futsal? Kenapa tidak?


Header image courtesy Google Image / google.com

MENGAPA TIDAK..?

Membuka usaha persewaan lapangan futsal belakangan ini menjadi topik menarik. Minat berolahraga futsal tumbuh cukup subur di kalangan masyarakat. Selain untuk kesehatan, kegiatan futsal banyak dilirik sebagai gaya hidup dan cara bersosialisasi. Lapangan futsal pun banyak bermunculan membuat persaingan usaha ini semakin ketat. Ada beberapa lapangan yang tutup. Mereka ditinggalkan karena pelanggan lebih memilih lapangan dengan kualitas fasilitas, seperti rumput, penerangan, gedung, sarana penunjang yang lebih baik.

Usaha futsal membutuhkan modal cukup tinggi dan bersifat tetap. Oleh karena itu pengusaha yang ingin membuka usaha ini harus benar-benar cermat memperhitungkan kebutuhan modal dan proyeksi usaha. Karena ini merupakan usaha jangka panjang, maka pengusaha harus lebih sabar dalam mengelola usaha serta selalu menemukan trik-trik baru untuk menarik pengunjung. Jangan mudah patah semangat. Bagaimana pun usaha ini bisa memberikan keuntungan. Bila tidak, pasti tidak mungkin ada banyak pengusaha yang tetap tekun menjalan usaha ini.

AYO MULAI..!

Lokasi usaha. Mendapatkan lokasi strategis di pusat keramaian terbentur pada tingginya biaya investasi mengingat kebutuhan lahan yang cukup luas. Beberapa lapangan futsal menyiasati dengan berdiri di daerah pingiran dekat perumahan atau dekat area sekolah baru. Beberapa lapangan futsal berdiri dengan menyewa dan merombak gudang atau bangunan tak terpakai di dekat pusat keramaian.

Lapangan futsal. Luas lapangan futsal antara panjang 25 – 42 m dan lebar 16 x 25 m. Selain itu diperlukan lahan untuk sarana penunjang, area penonton, dan lain-lain. Setidaknya ada dua macam jenis lapangan futsal: indoor dan outdoor. Disarankan untuk membangun lapangan indoor, selain memberikan kenyamanan pada pelanggan, juga untuk memudahkan perawatan.

Bangunan/aula. Bangunan lapangan futsal indoor seharusnya mempunyai sirkulasi udara yang baik, kontruksi atap yang kokoh, dilengkapi dengan ruangan-ruangan penunjang, seperti ruang ganti, kamar mandi atau toilet, ruang tunggu, tempat duduk penonton.

Lantai lapangan. Bagian terpenting dari lapangan futsal adalah lantai lapangan. Ada beberapa jenis bahan lantai mulai dari yang murah, seperti lantai bata dan semen, lantai kayu, sampai lantai mahal yang dilapisi dengan hamparan rumput sintetis, vinil, interlocking floor. Pelajari plus-minus masing-masing jenis lantai lapangan. Minta masukan dari banyak teknisi dan orang-orang yang telah berkecimpung di usaha ini. Sebaiknya anda benar-benar mempertimbangkan aspek ekonomi dan referensi konsumen saat memilih jenis lantai lapangan. Lantai vinil memang yang terbaik, namun membutuhkan modal tinggi. Biaya perawatannya pun tinggi. Lantai rumput paling banyak digunakan. Pilih jenis lantai rumput yang telah teruji cukup baik dan mudah perawatannya.

Kelengkapan lapangan. Lapangan futsal membutuhkan gawang, garis pembatas, jaring sebagai pagar, papan skor, busa pelindung pemain dari benturan dengan dinding, locker, dan lain-lain. Anda juga perlu memasang fasilitas penerangan. Setidaknya dibutuhkan tiang lampu setinggi empat meter dan sekitar 18-20 buah lampu. Gunakan lampu hemat energi yang meski mahal namun memiliki umur ekonomis yang panjang dan konsumsi listriknya cukup hemat.

Kontraktor perencana & pelaksana. Meski tampaknya sederhana, namun sebaiknya anda menggunakan jasa kontraktor ahli pembangunan lapangan fustal. Pilih kontraktor yang tepercaya dan mempunyai referensi baik. Ada cukup banyak kontraktor lapangan futsal yang menyediakan jasa pembangunan lapangan berikut seluruh sarana sampai siap digunakan. Dengan demikian anda bisa lebih berkonsentrasi memikirkan aspek bisnis usaha ini.

Staf dan karyawan. Anda memerlukan staf untuk mensupervisi jalannya usaha dan beberapa karyawan yang bertugas melayani pemain, mengawasi hingga perawatan lapangan.

Opening ceremony. Untuk menarik minat sekaligus sebagai sarana promosi, lakukan acara pembukaan secara khusus. Seperti, mengadakan pertandingan persahabatan, mengundang pemain bola atau pemain futsal profesional, atraksi bola, kompetisi futsal dan lain-lain. Usahakan pembukaan lapangan futsal anda memiliki gaung dan sambutan yang cukup luas dari masyarakat sekitar.

Promosi. Lakukan promosi dengan memasang spanduk-spanduk di jalan-jalan, iklan dan peliputan di radio dan media massa setempat. Perkenalkan lapangan futsal anda pada komunitas futsal, perkantoran, sekolah, kampus, kelompok remaja dan lain-lain.

PERHATIKAN

Perencanaan modal dan usaha. Sebelum benar-benar memulai usaha ini, sebaiknya anda menghitung secara cermat dan hati-hati tentang perencanaan modal dan proyeksi usaha. Lakukan riset atau survey untuk mengetahui tanggapan pasar dan prospek usaha futsal di daerah anda. Lalu hitung perkiraan omset usaha secara konservatif dan tidak terlalu optimis. Bila anda yakin usaha ini mempunyai prospek yang baik, adakan pembangunan secara bertahap sambil terus melakukan perbaikan dan promosi.

Tata tertib di lapangan. Siapkan peraturan tata tertib selama menggunakan lapangan. Misal, dilarang melakukan hal-hal yang dapat merusak lapangan, seperti: meludah sembarangan, merokok, bersandar di tiang gawang dan jaring, bermain tanpa kaos dan sepatu futsal. Tujuan peraturan ini demi menciptakan suasana nyaman bagi seluruh pelanggan dan turut memelihara lapangan. Minta pemain untuk segera melapor jika ada kerusakan pada lapangan.

Menegakkan aturan tata tertib. Tegakkan aturan dan tata tertib yang anda buat. Anda berhak melakukan itu demi kebaikan usaha anda dan kepentingan seluruh pelanggan. Namun demikian, lakukan secara baik agar tidak menyinggung perasaan pelanggan.

Pengawasan selama di lapangan. Tempatkan pegawai yang bertugas mengawasi pemakaian lapangan. Selain untuk memberikan pelayanan bagi pemain juga untuk memastikan bahwa lapangan anda selalu dalam keadaan baik. Siapkan pula pegawai yang paham aturan permainan futsal dan bisa bertindak sebagai wasit bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Perawatan lapangan. Lakukan pemeriksaan lapangan setiap hari. Rawat lapangan, terutama rumput atau lantai lapangan secara rutin dengan membersihkan dan menyemprotnya dengan bahan-bahan khusus. Segera perbaiki jika ada lantai yang mengelupas atau rusak.

Program lapangan. Anda dituntut untuk memiliki kecakapan manajemen waktu dan penyusunan jadwal pemakaian lapangan dengan baik. Jangan sampai ada pelanggan yang sudah menyewa lapangan ternyata harus kecewa karena berbenturan dengan pelanggan lain hanya karena anda keliru dalam mengatur jadwal.

Tingkat okupansi. Terus lakukan promosi untuk menaikkan omset yaitu dengan meningkatkan masa pakai atau okupansi lapangan. Bila perlu berlakukan tarif khusus untuk jam-jam sepi.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Bekerja sama dengan perusahaan, kantor, sekolah. Tawarkan lapangan futsal anda sebagai bagian dari sarana olahraga resmi bagi perusahaan, kantor, sekolah atau klub futsal. Berikan tarif khusus dan masa pakai yang menarik.

Membership. Tawarkan sistem membership pada individu atau kelompok. Ciptakan program membership yang menarik, misal: member gets member.

Pertandingan atau kompetisi. Secara reguler adakan kompetisi futsal. Anda bisa membentuk team internal. Jalin kerja sama dengan pihak sponsor untuk membantu pembiayaan

Kerja sama dengan lapangan futsal di kota lain. Tak ada salahnya bekerja sama dengan lapangan futsal dari kota lain. Hal ini bisa menaikkan citra lapangan futsal anda karena memiliki jaringan luas. Member di lapangan futsal anda bisa bermain di lapangan futsal mitra kerja anda.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah~Besar

Tingkat Kesulitan: Relatif sedang, membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan tentang perawatan lapangan futsal.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +9 (from 9 votes)
 

Komentar anda:

*


seven + 6 =