Ayo Mulai Usaha Reparasi Tas & Koper

Banyak orang memperbaiki tas mereka ketimbang membeli baru, meski harga tas baru relatif bisa terjangkau. Salah satu alasannya, mereka sudah kadung cinta pada tas mereka dan tak ingin menggantikan dengan yang baru.


Header image courtesy loungerie / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Memperbaiki sesuatu yang rusak tentu lebih hemat ketimbang membuang dan membeli yang baru. Ini juga berlaku pada tas, terutama koper yang tidak terlalu sering dipakai. Banyak pemilik tas bermerk dan berharga mahal harus mereparasi tas mereka agar bisa dipakai daripada disia-siakan.

Namun demikian, ada juga orang lebih suka memperbaiki tas mereka yang rusak, ketimbang membeli baru meski harga tas baru relatif terjangkau. Mereka sudah cocok dan terbiasa dengan model tas tersebut namun model seperti itu sudah tidak diproduksi lagi. Mereka merasa sayang untuk membuang karena kerusakannya tak seberapa.

Bila anda mempunyai ketrampilan menjahit atau membuat tas, namun anda tak tertarik untuk membuka usaha pembuatan tas, maka usaha reparasi tas adalah alternatif yang bisa anda pertimbangkan. Tentu saja anda dituntut mengenal berbagai macam kerusakan tas dan cara memperbaikinya. Usaha ini lebih murah dibanding membuka industri pembuatan tas, namun masih tetap memberikan peluang penghasilan.

AYO MULAI..!

Ketrampilan memperbaiki tas. Bila anda trampil membuat tas, tentu anda ahli dalam memperbaiki tas rusak. Minimal anda harus bisa menjahit bahan-bahan tekstil tebal, kulit, nylon, busa atau bahan pembuat tas lain. Anda juga harus bisa memasang berbagai aksesoris tas, seperti zipper, velcro, trolley, rantai termasuk roda koper.

Mesin jahit. Ini adalah mesin yang wajib anda miliki. Pilihlah mesin jahit yang cukup kuat dan dirancang untuk menangani bahan-bahan tebal. Untuk membuat tas biasanya diperlukan beberapa mesin lain, seperti mesin seset, trimming, punching. Namun mesin-mesin tersebut dapat digantikan dengan peralatan manual.

Peralatan kerja. Ada cukup banyak peralatan kerja untuk menangani berbagai kerusakan tas. Misal, peralatan untuk seset, gunting, pisau tajam untuk trimming, palu, obeng, dispenser lem, punching, dan lain-lain. Pengadaan berbagai alat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bahan-bahan pembuatan tas. Bahan-bahan pembuatan tas dan aksesorisnya berjumlah sangat banyak. Minimal anda perlu mempunyai stok benang nylon dan zipper aneka warna serta ukuran, velcro, lem, busa, lembaran nylon, dan lain-lain. Anda tak perlu mengadakan semuanya sekaligus, namun anda harus tahu dimana anda harus membeli bahan-bahan tersebut saat dibutuhkan.

Lokasi. Anda bisa memulai usaha ini sebagai usaha rumahan. Namun anda perlu mempertimbangkan membuka gerai usaha di sekitar pertokoan tas dan koper. Bahkan ada usaha reparasi tas yang membuka ruang usaha di mall besar dan tak pernah kehabisan konsumen.

Ruang usaha. Bengkel pembuatan dan reparasi tas biasanya tak pernah rapi dan sesak dengan berbagai alat dan bahan. Untuk memberi kesan baik di mata pelanggan, sebaiknya anda memiliki ruang kerja yang terpisah dengan ruang penerimaan dan tunggu pelanggan.

Promosi. Pasang papan nama di depan ruang usaha anda. Bila perlu pasang spanduk di sekitar lokasi usaha. Titipkan kartu nama dan brosur usaha anda di toko-toko tas.

PERHATIKAN

Kualitas pekerjaan. Orang memperbaiki tas karena “sayang” pada tas mereka. Oleh karena itu pastikan anda mengerjakannya sebaik mungkin sesuai dengan kondisi aslinya.

Tas mahal. Berikan perhatian khusus pada tas dan koper dari merk-merk terkenal berharga mahal. Anda harus mengerjakannya ekstra hati-hati. Jangan sampai anda mengecewakan pelanggan karena hasil kerja anda ternyata tidak sesuai dengan kualitas yang diharapkan.

Menggunakan bahan-bahan yang cocok. Bila anda harus mengganti beberapa bagian, komponen atau aksesories, pastikan anda menggunakan bahan yang cocok dan sesuai. Jika anda tidak memiliki stok bahan yang sesuai, bicarakan dengan pemilik tas sebelum anda menggantinya.

Kondisi tas sebelum diperbaiki. Periksalah secara cermat kondisi tas sebelum diperbaiki. Sepakati dengan pelanggankerusakan apa yang harus anda perbaiki. Jangan sampai pelanggan komplain anda merusakkan bagian tas yang lain.

Pelayanan yang ramah. Kunci keberhasilan usaha jasa adalah pelayanan yang ramah dibarengi dengan kualitas kerja yang baik.

Kecepatan kerja. Biasanya pelanggan tak ingin berlama-lama menunggu tas mereka diperbaiki. Berikan pelayanan yang cepat namun tetap mengutamakan kualitas.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Kerja sama dengan toko tas & koper. Jalinlah kerja sama dengan toko-toko tas dan koper. Tawarkan diri anda sebagai semacam “service center” atas tas yang mereka jual.

Penjualan aksesories tas & koper. Dapatkan penghasilan tambahan dengan menjual sparepart dan aksesories tas dan koper, misal, kunci pengaman, penguat trolley, tambahan busa, dan lain-lain.

Pelayanan antar jemput. Untuk meningkatkan pelayanan, tawarkan jasa antar dan kirim tas yang sudah diperbaiki. Bila anda tak keberatan, anda bisa memberikannya secara cuma-cuma sebagai servis tambahan.

Reparasi sepatu. Banyak juga orang yang memerlukan perbaikan sepatu. Peralatan untuk memperbaiki tas ternyata bisa juga untuk mereparasi sepatu. Meningkatkan penghasilan dengan memberikan jasa reparasi sepatu adalah alternatif yang menarik.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah

Tingkat Kesulitan: Relatif sedang-sulit, membutuhkan ketrampilan membuat, memperbaiki, minimal menjahit tas

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
 

Komentar anda:

*


1 × eight =