Ayo Mulai Usaha Rumah Kos

Dulu usaha kos-kosan dianggap sebagai usahanya para pensiunan. Mudah dikelola tapi memberikan income setiap bulan. Tapi kini usaha kos-kosan telah berkembang menjadi bisnis jasa yang tak mau kalah dibanding hotel berbintang.


Header image courtesy teamstickergiant / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Kini usaha rumah kos telah berkembang lebih dari sekedar menyewakan kamar-kamar tempat tinggal. Semakin beragamnya tingkatan ekonomi dan sosial orang-orang yang membutuhkan tempat kos, menuntut semakin beragamnya fasilitas dan pelayanan yang harus disediakan oleh sebuah tempat kos.  Fasilitas kos bukan hanya kamar, tempat tidur, lemari, meja dan kamar mandi. Kalangan pekerja eksekutif menuntut layanan lebih, berupa perlindungan privasi, kenyamanan dan fasilitas tambahan. Seperti garasi mobil, peralatan olah raga, dan lain-lain.

Untuk itu setiap usaha rumah kos harus mempunyai strategi yang jelas untuk menyasar pelanggan yang dituju. Jika tidak, investasi yang ditanamkan tak memberikan nilai tambah bagi usaha. Namun demikian, sampai saat ini, usaha rumah kos masih merupakan usaha pilihan yang mudah dikelola, memberikan penghasilan yang lumayan dan tidak gampang bikin jantungan pengelolanya.

AYO MULAI..!

Target pasar. Tentukan target penghuni rumah kos yang akan anda bidik. Apakah mahasiswa, pekerja umum, pekerja eksekutif? Apakah dari kalangan sosial ekonomi bawah, menengah atau atas? Seluruh rencana investasi dan pengelolaan usaha berawal target pasar yang akan anda tuju.

Lokasi yang strategis. (a) Berada dekat dengan pusat kegiatan para penghuni rumah kos. Misal, perkantoran, sekolah, kampus, pabrik. (b) Mudah untuk dijangkau dengan beragam moda transportasi. (c) Di area yang dikembangkan dengan baik. Misal, dekat fasilitas belanja, kesehatan, olahraga dan lain-lain. (d) Aman dan nyaman. Misal, bebas banjir, tidak rawan kejahatan, mempunyai lingkungan yang bersih, dan sebagainya.

Bangunan. Apakah anda akan membangun bangunan baru atau merenovasi bangunan yang sudah ada? Disarankan untuk menggunakan jasa ahli arsitektur untuk merancang agar bangunan rumah kos anda benar-benar memenuhi aspek fungsional dan kenyamanan sebagai tempat tinggal.

Sarana dan fasilitas. Pelajari sarana dan fasilitas apa yang dibutuhkan dan harus disediakan bagi calon penghuni usaha kos-kosan yang anda bidik. Sarana dan fasilitas yang dibutuhkan penghuni mahasiswa, pekerja atau eksekutif tidaklah sama.

Pengelolaan. Apakah anda akan mengelola sendiri atau menunjuk orang lain? Yang jelas, usaha ini membutuhkan orang-orang yang cakap dan trampil dalam mengelola dan memelihara rumah kos.

Investasi dan biaya. Usaha ini membutuhkan modal awal yang cukup besar. Oleh karena itu anda harus cermat dalam membelanjakannya. Hitung pula biaya operasional tetap dan ketahui berapa jumlah penghasilan atau kamar yang harus terisi agar diperoleh “titik impas”.

Tarif. Formula tarif kos adalah biaya sarana dan fasilitas yang disediakan, biaya pelayanan yang diberikan serta nilai strategis dari lokasi kos-kosan. Tapi, jangan lupa untuk mempertimbangkan tarif pasar yang berlaku umum serta tingkat biaya hidup di lokasi sekitar usaha kos.

Ijin-ijin dan peraturan. Biasanya pemerintah setempat mempunyai aturan khusus tentang usaha kos-kosan. Demi kebaikan usaha, anda sebaiknya memenuhi semua aspek legal dan ijin usaha.

Pemasaran aktif. Sudah bukan jamannya lagi memasang plang di depan pintu pagar. Anda harus secara aktif memasarkan usaha kos ke para calon penghuni. Promosikan semua fasilitas dan layanan yang anda berikan, termasuk tarifnya.

PERHATIKAN

Seleksi calon penghuni. Terapkan sistem administrasi yang memadai untuk setiap penghuni. Jangan ragu-ragu untuk meminta data lengkap, copy tanda pengenal serta meminta referensi.

Siapkan peraturan tentang tata tertib penghuni; mulai dari perilaku yang diharapkan, pemakaian fasilitas bersama (ruang tamu/hiburan, dapur, air, listrik, dan lain-lain), jadwal pembayaran dan sanksi atas keterlambatan. Tegakkan peraturan jika terjadi pelanggaran.

Hospitality. Usaha rumah kos bukan sekedar usaha menyewakan kamar. Jika ingin usaha anda berkembang dan diterima baik oleh pelanggan, anda harus meningkatkan kualitas hospitality atau ketrampilan untuk beramah-tamah dan memberikan layanan prima. Jangan segan untuk meningkatkan kemampuan anda dalam mengelola sebuah bisnis hospitality.

Pastikan seluruh fasilitas dan sarana selalu berfungsi baik. Lakukan pemeliharaan secara berkala dan perbaikan segera jika ada sarana yang rusak. Jaga lingkungan tetap bersih dan kondusif.

Berikan perhatian khusus pada penghuni kos yang terindikasi melakukan tindakan tidak pantas atau melanggar hukum. Juga pada mereka yang kurang merawat fasilitas kos-kosan.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan menyediakan fasilitas tambahan. Misal: kantin, laundry, minimarket, internet, jasa membersihkan kamar, cuci mobil, fitness center sederhana, sewa peralatan elektronik, usaha menjaga anak bagi penghuni yang sudah berkeluarga dan macam-macam.

Memberlakukan tarif dan fasilitas secara fleksibel. Misal, tarif yang lebih mahal bagi mereka yang menginginkan tambahan peralatan. Atau, mengurangi tarif kos jika mereka sudah tidak lagi membutuhkan. Ini dapat menjaring lebih banyak pelanggan dengan berbagai perbedaan kebutuhan.

Tarif sewa harian, mingguan, bulanan. Rumah kos anda bisa menjadi semacam rumah singgah (boarding house) bagi tamu-tamu yang ingin menginap dalam jangka waktu pendek. Namun demikian anda tetap harus menerapkan sistem seleksi yang ketat agar tidak mengganggu suasana rumah kos anda.

Sediakan fasilitas tambahkan jika ada tamu atau family dari penghuni yang ingin berkunjung dan menginap. Misal, menyediakan extra bed untuk tamu penghuni yang menginap, atau kamar khusus untuk keluarga penghuni yang sedang berkunjung.

Bekerja sama dengan perusahaan atau kantor dengan menyediakan tempat tinggal pengganti hotel bagi karyawannya. Pastikan layanan anda sangat prima karena biasanya perusahaan hanya akan menjalin kemitraan dengan mereka yang bekerja secara profesional.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Besar

Tingkat Kesulitan: Relatif mudah, membutuhkan ketegasan dalam menjalankan bisnis.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +8 (from 8 votes)
 

Komentar anda:

*


− five = 2