Ayo Mulai Usaha Spa Untuk Wanita

Meski istilah spa berasal dari asing, namun di Indonesia, spa mempunyai akar tradisi yang panjang. Tak heran jika usaha spa banyak diminati oleh wanita, baik demi kecantikan, kesehatan maupun relaksasi.


Header image courtesy of Jeda Villa Bali / Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Bagi kebanyakan wanita, spa bukan lagi sekedar cara untuk menjaga kesehatan atau merawat tubuh. Di tengah-tengah kesibukan yang padat dan penuh tekanan, spa adalah bagian dari gaya hidup untuk melakukan relaksasi dan memanjakan diri. Dari waktu ke waktu permintaan spa khusus untuk wanita semakin meningkat seiring dengan membaiknya kemampuan ekonomi.

Usaha spa-pun tidak lagi berupa usaha kelas atas yang membutuhkan modal sangat besar. Dengan modal menengah pun anda bisa memulai usaha spa rumahan. Keuntungan dari usaha ini boleh dibilang relatif tinggi, hingga 30%, mengingat modal utama usaha spa adalah ketrampilan tinggi dan pengetahuan yang cukup tentang teknik spa dan perawatan tubuh. Kunci keberhasilan usaha ini adalah tenaga trampil, kelengkapan peralatan dan treatment yang ditawarkan, suasana ruang spa dan keramahan pelayanan.

AYO MULAI..!

Lokasi usaha. Ada usaha spa yang berlokasi agak ke luar kota untuk mendapatkan nuansa tenang. Ada pula yang berlokasi di dekat pusat keramaian agar mudah dijangkau. Ada juga usaha spa yang berdiri di perumahan. Pemilihan lokasi sangat bergantung pada target pasar dan kelas konsumen yang dibidik. Yang terpenting, lokasi sekitar usaha spa haruslah cukup nyaman dan aman.

Tempat usaha. Banyak usaha spa dimulai dari usaha rumahan. Untuk menekan modal, anda bisa memanfaatkan rumah yang ada. Sediakan anggaran untuk merombak, menata ulang, mempercantik interior dan eksterior. Bila perlu gunakan ahli arsitektur untuk mendapatkan suasana spa yang anda inginkan.

Ruang untuk spa. Siapkan kamar untuk pijat/lulur, kamar mandi untuk berendam, ruang terapi tambahan, ruang terima tamu dan ruang tunggu. Untuk memulai usaha, anda cukup menyediakan satu kamar pijat/lulur merangkap tempat mandi/bathtub. Anda bisa menambahnya kelak sesuai perkembangan usaha.

Peralatan spa. Cukup banyak perlengkapan spa yang perlu anda siapkan. Mulai dari bed untuk pijat/lulur, peralatan steam, baththub, perlengkapan aromatherapy, berbagai furniture dan aksesories ruangan, sampai handuk, kimono, dan lain-lain. Buat check-list lengkap agar tidak ada yang tertinggal.

Perlengkapan pendukung. Jangan lupa untuk menyediakan perlengkapan pendukung usaha, seperti furniture untuk ruang terima tamu dan ruang tunggu, lemari locker untuk menyimpan barang pribadi pelanggan, pengolahan air untuk mandi/bathtub, dan berbagai hiasan ruangan. Perlengkapan soundsystem juga perlu diadakan untuk menciptakan suasana relaks.

Bahan-bahan lulur. Dapatkan bahan-bahan lulur, scrub, boreh, minyak essential, aromateraphy, bath salt, dan lain-lain. Akan lebih baik, jika anda bisa menciptakan ramuan yang menjadi ciri khas dan keunggulan usaha spa anda.

Terapis yang trampil. Bagian terpenting dari usaha spa adalah terapis yang terlatih dan terampil. Akan lebih baik bila anda mempunyai ketrampilan spa yang mumpuni agar paham pelayanan apa yang harus diberikan pada pelanggan. Anda bisa merekrut dari lulusan kursus spa terbaik. Sebaiknya anda hanya mempekerjakan terapis yang trampil, sehat, bersih dan berkepribadian baik.

Ijin. Pelajari apakah harus ada ijin-ijin khusus untuk mendirikan spa? Jika ada, maka anda harus memenuhi ijin-ijin tersebut demi kelangsungan usaha.

Promosi. Lakukan promosi secara kreatif dan jemput bola. Misal, berpromosi di perkantoran yang banyak pekerja wanitanya, di butik-butik, di pusat kebugaran, atau bekerja sama dengan salon wanita. Promosi secara getok tular atau kontak langsung biasanya lebih efektif daripada menyebar brosur atau memasang spanduk. Dengan melakukan kontak langsung, anda bisa menunjukkan keramahan pelayanan spa anda.

PERHATIKAN

Investasi dan modal usaha. Modal yang dibutuhkan untuk investasi dan modal kerja awal cukup besar. Anda perlu mengatur anggaran modal secara cermat dan hati-hati karena spa adalah usaha jangka menengah. Sesuaikan dengan kemampuan, lalu tambah investasi sesuai perkembangan usaha.

Kebersihan dan pelayanan ramah. Meski spa anda adalah usaha rumahan, kebersihan dan pelayanan ramah adalah kualitas yang mutlak. Jangan sampai ada keluhan tentang bed atau air bathtub yang kotor. Lakukan cek kualitas sebelum tamu datang dan mendapat perawatan.

Produk unggulan. Ada banyak macam-macam jenis terapi. Untuk awal usaha, sebaiknya anda memfokuskan pada terapi yang benar-benar anda kuasai. Jadikan terapi ini sebagai produk unggulan. Ditambah dengan ramuan khas, usaha anda bisa berbeda dan lebih menarik dibanding spa lain.

Ketrampilan terapis. Tingkatkan ketrampilan terapis anda dengan selalu mengikuti perkembangan terkini. Meski rumahan, usaha spa anda juga perlu mengikuti tren. Selain ketrampilan perawatan spa, terapis juga harus dibekali pengetahuan menghadapi konsumen dan komunikasi.

Team terapis yang solid. Adakalanya pelanggan memiliki terapis favorit. Untuk mencegah ketidakharmonisan antar terapis, anda perlu memimpin team terapis agar solid dengan tetap mengedepankan kepuasan pelanggan.

Soal harga. Kebanyakan konsumen spa adalah wanita dengan penghasilan menengah ke atas dimana faktor kualitas pelayanan lebih dipentingkan daripada faktor harga. Namun demikian, anda tetap harus menjaga harga layanan spa anda tetap bersaing.

Customer care. Miliki program customer care yang baik, seperti buku catatan kunjungan pelanggan. Sapa pelanggan agar mereka secara rutin berkunjung ke spa anda.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Terapis sebagai marketing. Bekali terapis anda dengan ilmu pemasaran agar mereka bisa menjadi ujung tombak pemasaran usaha spa anda. Bila perlu buat sistem bonus dan sistem target untuk terapis.

Layanan tambahan. Untuk awal usaha, mungkin anda bisa mengadakan even-even tertentu, seperti kunjungan tenaga ahli. Bila sudah ramai, anda bisa lengkapi dengan berbagai layanan, seperti klinik kecantikan, pijat kesehatan, akupunktur, dan lain-lain.

Home care. Untuk menaikkan pendapatan dan mengisi waktu-waktu luang, anda bisa memberikan layanan spa panggilan ke rumah. Untuk hal ini, anda harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada terapis atau diri anda sendiri.

Membership. Tingkatkan jumlah kunjungan tamu dengan memberlakukan program membership, seperti voucher, diskon, member gets member

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah~Besar

Tingkat Kesulitan: Relatif sedang-sulit, membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan tentang perawatan spa dan pelayanan konsumen yang baik.

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +5 (from 5 votes)
 

Komentar anda:

*


eight − = 2