Cara Mudah Membuat Buku Kas

Pengusaha perlu membuat buku kas untuk mengontrol keluar masuknya kas. Berikut cara mudah membuat buku kas bagi siapa pun.


Header image courtesy Max Braun / Flickr.com

Kas adalah kekayaan usaha yang vital. Ia digunakan sebagai alat pembayaran dalam hampir semua transaksi usaha. Ia pun mudah diselewengkan. Karenanya, kas perlu dikontrol, salah satunya dengan mencatat keluar masuknya kas pada buku atau laporan kas.

Format Buku Kas. Buku kas setidaknya terdiri dari tiga atau empat kolom; yaitu kolom keterangan, debit, kredit dan saldo. Beberapa buku kas tidak menyertakan kolom saldo, melainkan mencantumkan pada bagian bawah laporan kas. Anda bisa membuat sendiri kolom-kolom buku kas pada sebuah lembaran atau buku kosong, atau membeli buku kas yang banyak tersedia di toko-toko buku. Anda membuat buku kas menggunakan program spreadsheet komputer atau software buku kas yang juga banyak tersedia.

Kolom Keterangan (A) untuk mencatat penjelasan mengenai transaksi.
Kolom Kas Masuk (B) untuk mencatat jumlah penerimaan kas atau kas masuk.
Kolom Kas Keluar (C) untuk mencatat jumlah pembayaran kas atau kas keluar.
Kolom Saldo (D) untuk mencatat saldo kas, yaitu saldo kas awal + kas masuk – dikurangi kas keluar.

Catat keluar masuknya kas sesegera mungkin setelah anda melakukan transaksi penerimaan atau pembayaran kas. Lakukan secara hati-hati, cermat dan usahakan tidak ada salah catat.
Catatan Harus Didukung Bukti Transaksi. Untuk mencegah transaksi fiktif, setiap transaksi kas harus dibuktikan dengan tagihan, faktur, kwitansi atau nota tanda terima kas. Siapkan kolom khusus, (pada contoh di atas: kolom No) untuk mencatat nomor nota tersebut.

Hitung saldo fisik dan bandingkan dengan catatan. Minimal anda harus melakukannya pada saat tutup buku. Setiap selisih yang terjadi harus dilakukan pemeriksaan dan pertanggungjawaban.

Buku kas ditutup secara harian. Dengan demikian anda mengetahui pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Periksa lagi catatan dan bandingkan dengan bukti-bukti transaksi.

Disiplin. Siapkan buku kas dengan kedisiplinan tingkat tinggi. Jangan menolerir kesalahan-kesalahan kecil dalam pengelolaan kas. Kesalahan tidak hanya bisa terjadi saat pencatatan, namun juga saat transaksi dilakukan.

Terapkan buku kas pada transaksi bank. Meski anda mempunyai buku tabungan atau rekening koran yang bermanfaat sama seperti buku kas, anda perlu menyelenggarakan buku kas untuk rekening bank, terutama saat anda banyak menggunakan giro bilyet mundur dalam bertransaksi.

Saat usaha anda semakin maju dan kompleks, anda perlu menerapkan sistem dan prosedur kas yang lebih lengkap. Misal, menggunakan sistem voucher atau bukti kas, membentuk sistem kas kecil atau mengintegrasikan buku kas dengan sistem akuntansi (lihat kolom “Kode” pada contoh di atas). Tentu sistem-sistem ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan sumber daya yang ada. ***

| LEO | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +37 (from 37 votes)
Leo Juliawan (34 Posts)

Editor in Chief dan penggagas WirausahaIndonesia.com.
Email: leojuliawan [@] gmail.com


 

Comments

  1. trimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  2. Tahir says:

    Salam Kenal,
    Saya mempunyai rumah makan di Denpasar. Saya ingin membuat Voucher yang otomatis bisa saya input dari komputer dan bisa saya print, sehingga Voucher itu bisa kita ketahui berapa banyak kita keluarkan dan kapan sudah kita keluarkan. Dan bagaimana feedbacknya thd rumah makan kiat. Jika ada softwarenya mohon diinfo ya..
    Terimaksih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. pembukuan itu sederhana tapi penting, jangan sepelekan hal-hal kecil.
    trimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Terima kasih informasinya, sangat membantu. Saya secepatnya akan menerapkan pada usaha saya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Bagaimana jika tidak sempat membuat buku kas harian? Biasanya hanya membuat kas masuk&keluar dan baru direkap bulanan. apakah boleh?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


seven − = 3