Warning: Illegal string offset 'name' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 106

Warning: Illegal string offset 'description' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 108
Dimana Tempat Kulakan Barang Toko Kelontong?

Dimana Tempat Kulakan Barang Toko Kelontong?

Di tengah persaingan toko kelontong atau retail yang ketat, kecerdikan kita mendapatkan harga kulakan atau harga beli yang murah sangatlah penting. Anehnya, seringkali membeli langsung dari pabrik malah lebih mahal.


><

Kolom Iklan

Pasang Iklan di Artikel Ini?
Tertarik untuk mempromosikan usaha anda di kolom artikel ini? Klik untuk contoh. Hubungi: email

Header image courtesy lyzadanger / Flickr.com

Cara mendapatkan untung dari berbisnis toko kelontong sebenarnya sederhana saja. Kita membeli barang, lalu menjualnya dengan harga lebih mahal. Kelihatannya mudah, namun pada kenyataannya tidak segampang itu. Seringkali toko kelontong kita tidak laku gara-gara harga yang dijual ternyata lebih mahal ketimbang toko lain. Padahal dengan harga jual tersebut kita hanya mendapat keuntungan yang tipis saja. Kita heran bagaimana mungkin toko lain bisa menjual lebih murah?

Kuncinya ada pada harga beli; yaitu bagaimana kita bisa mendapatkan harga beli yang lebih murah dari pesaing. Untuk itu kita harus pandai-pandai menemukan tempat kulakan yang memberikan harga murah. Berikut beberapa tempat dimana kita bisa membeli barang-barang dagangan untuk toko kelontong kita dan tips mendapatkan harga yang lebih murah.

Pabrik. Banyak yang mengira, harga beli langsung dari pabrik lebih murah dibanding dari grosir. Hal ini memang benar hanya jika kita membeli dalam jumlah sangat besar. Namun jika kita membeli dalam jumlah kecil, satu atau dua dos saja, maka kita akan mendapatkan harga yang malah lebih mahal dibanding harga grosir. Mengapa demikian? Karena pabrik memberikan diskon besar untuk pembelian jumlah besar. Untuk bisa mendapatkan diskon khusus tersebut, kita bisa bekerja sama dengan toko-toko lain dalam bentuk pembelian gabungan.

Salesman pabrik. Ada pabrik yang mempunyai team sales untuk menggarap pasar retail sendiri. Kita bisa kulakan dari para salesman resmi ini. Namun jangan heran bila harga mereka ternyata bisa lebih mahal dari grosir atau agen. Hal ini disebabkan pabrik harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk salesman tersebut. Keuntungan membeli dari salesman pabrik adalah kita tidak perlu repot-repot pergi kulakan. Mereka biasanya secara rutin mendatangi toko kita. Selain itu, kita bisa memanfaatkan program-program promosi, seperti spanduk gratis, etalase gratis, dan lain-lain.

Distributor. Membeli dari distributor pada dasarnya hampir sama dengan membeli dari pabrik langsung, karena distributor adalah perpanjangan tangan pabrik untuk mendistribusikan produknya. Namun demikian, ada juga distributor yang bersedia melayani transaksi untuk toko-toko ritel atau eceran. Mereka mau mendatangi tempat usaha kita. Bila harga mereka lebih mahal dari grosir, itu karena mereka harus menutup ongkos distribusi.

Grosir. Biasanya toko grosir terletak di sentra usaha di kota-kota besar. Misal, pasar grosir atau pusat kulakan. Mereka membeli langsung dari pabrik atau distributor dalam jumlah sangat besar sehingga bisa mendapatkan harga murah. Grosir lebih mementingkan kecepatan perputaran barang dan jaringan penjualan yang luas. Untuk mendapatkan harga murah, kita pun harus membeli dalam jumlah relatif banyak.

Agen. Ada beberapa alasan mengapa mengkulak barang dagangan dari toko agen banyak dipilih pengusaha toko kelontong. Pertama, soal harga yang cukup bersaing. Kedua, barang dagangan yang dijual cukup beragam. Kemudian, keberadaan toko agen ada dimana-mana, mudah dijangkau dan tak perlu mengeluarkan banyak ongkos transport, bahkan ada agen yang bersedia mengantar barang sampai ke toko kita. Agen bersedia melayani pembelian dalam jumlah kecil dan eceran, sehingga kita bisa membeli barang tertentu untuk keperluan coba-coba. Jika telah kenal baik dengan toko agen, kita bisa membuat kesepakatan bisa mengembalikan barang-barang yang tak laku.

Salesman freelance. Seringkali ada salesman freelance atau independen yang berkeliling menjajakan barang. Mereka bisa menjual barang dengan harga lebih murah dari agen. Biasanya mereka mendapatkan barang dari pabrik langsung, distributor atau grosir dengan memanfaatkan pembelian gabungan dengan salesman lain. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan legalitas barang. Ada beberapa salesman nakal yang suka menjual barang kualitas nomor 2 atau palsu tanpa kita ketahui. Sebaiknya hanya membeli dari salesman yang sudah benar-benar kita kenal baik.

Hypermarket. Siapa bilang kita tidak bisa mendapatkan harga murah dari belanja di hypermaket bahkan supermarket? Jika anda rajin membaca koran (biasanya hari Jumat), selalu ada iklan promo produk-produk tertentu dengan harga yang sangat murah, bahkan bisa lebih murah ketimbang harga grosir atau disributor. Promo ini digunakan untuk menarik pengunjung berbelanja di akhir pekan. Biasanya jumlah pembelian produk dengan harga promos sangat dibatasi. Misal, minyak goreng hanya dibatasi dua buah per pembelian dan hanya berlaku pada jam-jam tertentu.

Yang perlu kita lakukan adalah selalu jeli terhadap perkembangan harga beli. Kita harus rajin mengunjungi berbagai toko grosir dan agen untuk mendapatkan informasi harga murah. Jangan hanya terpaku pada satu tempat kulakan saja. Harga satu tempat kulakan dengan tempat lain bisa berbeda. Bagaimana menurut pendapat anda? ***

| LEO | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +4 (from 4 votes)
Leo Juliawan (34 Posts)

Editor in Chief dan penggagas WirausahaIndonesia.com.
Email: leojuliawan [@] gmail.com




Comments

  1. choerul huda says:

    terima kasih sekali pak sangat informative

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


9 × eight =