Edam Burger

Di tangan Made Ngurah Bagiana, burger yang katanya mahal, kini bisa dinikmati siapa saja. Mengusung merk Edam, pria asal Bali ini mengolah burger lengkap dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

[heading] Edam Burger[/heading]

Nama merk: Edam Burger

Kategori: Makanan dan minuman

Perusahaan: Edam Burger

Alamat: Jl. Malaka Raya No. 84 Malaka Sari, Jakarta Timur

Telpon: (021) 86607258, 8621610, 86606902

Fax: (021) 86606902

Website: www.edam-burger.com

Bidang usaha: Gerai burger cepat saji

Bentuk kerja sama: Kemitraan

Konsep usaha: Menyajikan burger dengan kualitas bahan baik dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat bawah.

Target pasar: Kelas menengah

Tahun berdiri/waralaba: 1990/1993

Jumlah gerai: 2.700

[note color="#fff"] [tabs style="1"] [/tabs] * dengan asumsi menjual 50 potong burger per hari
[/note]

Sejarah Singkat

Made Ngurah Bagiana, mantan kernet bus PPD, sopir omprengan hingga penjual lukisan ini memulai bisnisnya dari nol dengan dua gerobak roti burger yang ia kayuh sendiri. Titik terang perjalanan hidupnya dimulai tahun 1990. Ketika itu sebenarnya sedang krisis moneter, namun ia mengaku, justru di saat banyak perusahaan bangkrut akibat kurs dollar melayang selangut, usahanya menjual roti burger makin maju. Dalam kurun waktu dari enam bulan, gerobaknya bertambah menjadi 60 buah, ditambah puluhan karyawan yang ia rekrut untuk menjajakan burgernya.
Untuk mempecepat perkembangan usaha Made mulai memperkenalkan bentuk kemitraan. Artinya, ia menyediakan bahan-bahan untuk membuat burger berikut peralatan jual. Made menyebut sistemnya dengan istilah waralaba Pancasila karena menganut sistem kekeluargaan. Ide itu sukses besar. Di tahun 1993, ia telah menjalin kemitraan sebanyak 300 gerobak.

Setelah 15 tahun lebih, usaha berjualan burger keliling itu telah menjadi ribuan. Kini Made memiliki 12 pabrik roti dengan kurang lebih 2.700 gerai mitra di seluruh Indonesia.

Konsep Usaha & Daya Tarik

Meski menjual burger murah, namun mitra kerja Edam Burger bukanlah pengusaha main-main. Untuk suplai daging asap dan sosis dipasok oleh Kemfoods, perusahaan milik pengusaha Bob Sadino. Sedangkan memproduksi roti, Edam Burger mendapat pasokan tepung terigu dari perusahaan besar, Bogasari. Untuk menjamin mutu produk dan pelayanan, Edam Burger mensyaratkan para mitra untuk membeli bahan-bahan baku, terutama roti, daging asap, saus hanya dari Edam Burger.

Kecintaannya terhadap usaha burger membuat Made Ngurah Bagiana berpikir untuk menciptakan inovasi. Salah satu inovasi yang spektakuler adalah Bugil, singkatan dari burger gila. Bugil adalah burger dengan bahan-bahan lengkap, terdiri dari daging dengan kualitas terbaik, berlapis-lapis keju, daun selada yang segar, tomat, serta mentimun. Ditambah dengan saus dan mayonaise berlimpah. Selain itu, si pembeli dapat memilih isi burger sesuai dengan selera. Harga burger ini tetap relatif tidak mahal.

Dengan konsep usaha yang mengedepankan kepuasan konsumen banyak, baik dari segi kualitas, rasa dan harga burger, Edam Burger menjadi salah satu peluang usaha yang banyak dilirik. Terlebih lagi, sistem kemitraannya yang mudah, murah dan tak berbelit-belit.

Kebutuhan Investasi

Edam Burger menawarkan lima macam gerai dengan modal yang berbeda. Yaitu: (1) Gerai sepeda motor yang membutuhkan modal Rp 2,5 juta. (2) Gerai sepeda dengan modal Rp 3 juta. (3) Gerai dorong yang butuh modal Rp 2,7 juta. (4) Gerai kayu komplet dengan kebutuhan dana Rp 2,1 juta. (5) Gerai aluminium yang butuh duit Rp 2,5 juta. Semua modal tersebut belum temasuk sewa tempat dan pengadaan kendaraan.

Mitra harus menyediakan modal untuk membeli bahan baku pertama sebesar Rp 208.500,- Bahan baku itu meliputi roti, daging burger, sosis, saus, mentega, kertas bungkus, dan beberapa bahan lain. Edam juga memberikan kesempatan mitranya untuk membuka Kafe Edam Burger dengan modal lebih besar, namun menyajikan lebih banyak menu.

Dukungan Kerja Sama

Edam Burger menyediakan pasokan bahan baku, pelatihan pembuatan burger, dan promosi bersama. ***

(Update: Juli 2012)

| JS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +4 (from 4 votes)

Komentar anda:

*


five − 2 =