Entrepreneur Sejati Menurut Ir. Ciputra

Apa kata Dr. Ir. Ciputra tentang tiga ciri entrepreneur sejati? Pertama: visi yang tajam. Kedua: Inovasi untuk meraih mimpi. Ketiga: berani memikul resiko.


Header image courtesy Google Image / Google.com

Dr. Ir. Ciputra adalah nama yang disegani dalam dunia bisnis Indonesia. Siapa yang tak tahu sosok yang memiliki nama lahir Tjie Tjin Hoan ini? Ia mendirikan Ciputra Group, perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, terutama properti, di dalam dan luar negeri. Sebelumnya beliau adalah tokoh yang membesarkan Jaya Group yang terkenal dengan proyek pembangunan Ancol yang luar biasa itu.

Kini Dr. Ir. Ciputra lebih banyak mengabdikan dirinya sebagai pendidik yang menyebarkan ilmu dan semangat kewirausahaan. Beliau mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra yang menyiapkan lulusannya menjadi pengusaha.

Lantas apa kata beliau tentang profil entrepreneur sejati? Berikut pendapat Dr. Ir. Ciputra tentang ciri entrepreneur sejati sebagaimana dikutip dari kata pengantarnya untuk sebuah buku tentang entrepreneurship karya Serian Wijanto.

Tidak semua pengusaha maupun pebisnis dapat kita kategorikan sebagai seorang entrepreneur, meskipun kedua-duanya memiliki dan mengelola apa yang disebut dengan segala usaha yang berkaitan dengan bisnis.

Dari pengalaman-pengalaman hidup saya lebih dari 50 tahun berada di dunia bisnis dapat saya kategorikan bahwa terdapat tiga ciri utama seorang yang dikatakan entrepreneur sejati.

Pertama: seseorang dikatakan sebagai entrepreneur sejati yakni memiliki eye sight masa depan yang tepat dan tajam, dimana mereka mampu melihat sebuah peluang bisnis yang mungkin saja tidak dapat dilihat oleh orang lain. Ia dapat melihat dreams or vision for future yang menakjubkan dan mengekspresikan dirinya sendiri.

Kedua: seorang dikatakan entrepreneur adalah seorang yang memiliki karakter motivator dan innovator, dimana ia dapat menciptakan dan menemukan metode untuk menggapai mimpi dan visi yang luar biasa itu. Sebagai sebuah pokok kesimpulan di sini yang saya maksud, seorang entrepreneur yang bermotivasi dan inovatif untuk mewujudkan cita-cita inovasinya.

Ketiga: seorang dikatakan entrepreneur selalu siap dan bersedia taking any risks, baik secara fisik maupun mental. Dimana seorang entrepreneur sejati adalah seorang pemimpin, pendiri atau pelopor yang memiliki semangat, tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala tantangan atau resiko yang telah ia perhitungkan dan berpendirian yang teguh untuk selalu berani maju ke depan. ***

| SW | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +3 (from 3 votes)
 

Komentar anda:

*


seven × = 21