Inovasi Desain Kotak Penyimpan Telur

Meski produk yang ada sekarang sudah sedemikian diterima oleh masyarakat banyak, namun bukan berarti tidak ada ruang untuk memikirkan perbaikan. Contohnya, desain inovatif atas kotak penyimpan telur ini.


Header image courtesy Egg-Box / behance.net

Desain dan bentuk kotak karton untuk menyimpan telur yang kita kenal selama ini rasanya telah begitu paten. Kotak tersebut didesain begitu rupa agar bisa melindungi telur, terutama saat pengiriman. Namun demikian, bentuk desain yang nyaris sempurna ini bukan berarti mengurungkan para kreatif untuk merancang ulang dan menemukan perbaikan-perbaikan.

Adalah Otilia Andrea Erdelyi, mahasiswa Moholy-Nagy University, Budapest, Hungaria, yang mencoba memikirkan dan mendesain ulang kotak penyimpan telur. “Keinginan saya adalah untuk mendesain kemasan yang inovatif dengan hanya menggunakan sesedikit mungkin bahan,” tulis Otilia saat memperkenalkan karyanya ini.

Kemasan Otilia terbuat dari selembar kertas karton yang diolah secara microwave alami. Telur ditempatkan disebuah lubang berbentuk eclip, dimana konsumen bisa memeriksa telur secara langsung tanpa perlu membuka kemasan, hal yang tidak bisa dilakukan di kotak penyimpan telur biasa. Otilia mengklaim, meski telur tampak terbuka, namun desainnya cukup melindungi telur dengan adanya sisi karton yang menonjol.

Terlepas dari sisi fungsional yang bisa diperdebatkan, namun desain yang cantik ini mengundang decak kagum, terutama keberaniannya mengutak-utik sebuah desain kemasan yang sudah baku sekian lama.

Sumber: http://www.behance.net

Semoga menginspirasi. ***

| WI | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
 

Komentar anda:

*


8 − = three