Kebab Turki Baba Rafi

Kebab Turki Baba Rafi dikelola dengan penuh semangat muda, integritas dan inovasi yang tak kenal henti, terbukti 800 outlet berdiri dalam kurun waktu pengembangan 8 tahun. Berbagai gelar the best pun diraih.

[heading] Kebab Turki Baba Rafi[/heading]

Nama merk: Kebab Turki Baba Rafi

Kategori: Makanan dan Minuman

Perusahaan: PT. Baba Rafi Indonesia

Alamat: Ruko Manyar Garden Regency 29-30, Jl.Nginden Semolo 29 Surabaya

Telepon: 031 5999975

Fax: 031 5999712

Website: www.babarafi.com

Bidang usaha: Gerai kebab Turki

Bentuk kerja sama: Waralaba

Konsep usaha: Menjual kebab (makanan khas Timur Tengah berupa daging sapi panggang yang dibungkus roti khusus) secara cepat saji dengan harga terjangkau

Target pasar: Kelas menengah

Tahun berdiri/waralaba: 2003/2004

Jumlah gerai: 800

[note color="#fff"] [tabs style="1"] [/tabs] * sudah termasuk franchise fee sebesar Rp 80 juta
[/note]

Sejarah Singkat

Ide untuk mengembangkan usaha kebab Turki di Indonesia berawal saat Hendy Setiono pergi ke Timur Tengah dan menemui banyak penjual makanan khas Turki, kebab, yang dibuat dari daging sapi panggang, diracik dengan sayuran segar, dan dibumbui mayonaise, lalu digulung dengan tortila. Sebenarnya, kebab banyak beredar di Qatar dan negara Timteng lainnya. Namun menurut Hendy, kebab paling enak adalah dari Istambul, Turki. Karena itu, dia menggunakan trade mark Turki untuk menarik calon pelanggan.

September 2003, gerobak jualan kebab pertamanya mulai beroperasi. Tepatnya di salah satu pojok Jalan Nginden Semolo, berdekatan dengan area kampus dan tempat tinggalnya. Modal awal yang dikeluarkan Hendy saat itu sebesar Rp 4 juta yang ia gunakan untuk membeli gerobak (gerai) dan peralatan lainnya seperti kompor dan penggorengan. Soal nama kedainya Baba Rafi, dia mengaku terinspirasi nama anak pertamanya, Rafi Darmawan. Baba berarti bapak, jadi Baba Rafi berarti bapaknya Rafi.

Kini sudah sekitar 800 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Setelah melebarkan sayap ke Malaysia, maka target Kebab Turki Baba Rafi selanjutnya adalah menaklukkan Negeri Gajah Putih, Thailand. Hendy pun telah menandatangani MoU dengan Filipina untuk membuka cabang di sana.

Sukses bisnis kebab waralaba Hendy itu juga menghasilkan berbagai award, baik dari dalam maupun luar negeri. Di antaranya, ISMBEA (Indonesian Small Medium Business Entrepreneur Award) 2006 yang diberikan menteri koperasi dan UKM. Hendy juga dinobatkan sebagai ASIA’s Best Entrepreneur Under 25 oleh majalah Business Week International 2006. Selain itu juga meraih The Best In Marketing Indonesia Franchisor of The Year 2009 dan Top Franchise ASEAN 2009.

Konsep Usaha & Daya Tarik

Hendy mempunyai alasan mengapa memakai gerobak untuk kedainya. Pertimbangannya karena membuat gerobak lebih murah daripada membuat kedai permanen, tidak perlu banyak modal. Gerobak pun fleksibel, bisa dipindah-pindah.

Untuk menjaga kualitas bahan baku, terutama daging untuk kebab, Kebab Turki Baba Rafi bekerja sama dengan salah satu perusahaan makanan terkenal, PT Belfoods Indonesia, yang sudah meraih sertifikat halal MUI dan persyaratan dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM). Sedangkan untuk mendistribusikan daging, Kebab Turki Baba Rafi mendirikan gudang di kota-kota besar, seperti Surabaya, Malang, dan Semarang. Melalui gudang inilah daging yang dibutuhkan dipasok ke gerai-gerai yang tersebar di sekitarnya. Pengiriman daging ini dilakukan dua kali seminggu atau tergantung kebutuhan.

Selain kebab, menu lain yang terdapat di Kebab Turki Baba Rafi adalah hotdog, beef burger, chicken burger, syawarma, bigmac sapi dan ayam serta burger chrispy.

Sejak 2004 usaha Kebab Turki Baba Rafi dikelola secara waralaba (franchise). Hingga kini sudah resmi dibuka sebanyak 800 outlet.

Kebutuhan Investasi

Kebab Turki Baba Rafi menyediakan beberapa tipe penawaran. Ada paket gerobak yang dijual dengan harga Rp 55 juta. Tipe Booth dan Dine In, keduanya berkonsep outdoor, ditawarkan seharga Rp 75 juta dan Rp 105 juta, sementara konsep indoor outlet harganya Rp 95 juta. Model cafe, franchise feenya sebesar Rp 80 juta dan ditambah investasi awal sekitar Rp 105 juta. Dalam satu paket sudah tersedia satu unit counter, alat burner kebab, dan paket perlengkapan gerai lengkap.

Dukungan Kerja Sama

Kebab Turki Baba Rafi memberikan dukungan berupa studi kelayakan, penyiapan lay out lokasi usaha, standar pelayanan, pelatihan, jaminan bahan baku, termasuk quality control, buku panduan, disertai software keuangan. ***

(Update: Juli 2012)

| JS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)

Comments

  1. Sy marketing di bank nasional terbesar.Apa sudah ada bank yg bekerja sama memberikan pinjaman bagi para mitra yg membeli franchise kebab turki baba rafi? Klo belum, mungkin sy tertarik untuk menawarkan kerjasama pembiayaan ini..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


9 − four =