Mister Baso

Bakso adalah makanan yang sangat populer di masyakarat. Tidak seperti kebanyakan gerai bakso pada umumnya, Mister Baso menawarkan gerai bakso yang berbeda, yaitu berpenampilan modern, layanan cepat dan produk yang hygenis.

Mister Baso

Nama waralaba: Mister Baso

Kategori waralaba: Makanan dan Minuman

Pewaralaba: PT Misterbaso Indonesia

Alamat: Ruko Kebon Jeruk Mediterania Lt. 2.
Jl Meruya Ilir No. 10, Kembangan, Srengseng, Jakarta Barat 11639, Indonesia.

Telpon: 021 58902665 (Hunting)

Fax: 021 5864584

Website: misterbaso.co.id

Bidang usaha: restoran bakso

Bentuk kerja sama: waralaba

Konsep usaha: Mister Baso adalah restoran yang menyajikan beragam masakan bercitarasa Asia. Menu andalan Mister Baso adalah aneka bakso. Untuk memenuhi selera konsumen, Mister Baso juga menyediakan masakan lain, seperti nasi goreng, nasi combo, mie dan bihun.

Target pasar: kelas menengah ke atas.

Tahun berdiri: 1999

Tahun diwaralabakan: 2003

Jumlah gerai: 70 (tahun 2011)

Paket Investasi

Mister Baso ExpressMister Baso RestoPerbandingan
Nilai investasi
Franchise Fee
Royalti Fee (dari omset)
Marketing Fee (dari omset)
Opening Fee
Lama kontrak
Return On Investment
Asumsi min. omset/bulan
Rp. 150 jt – Rp. 200 jt
Rp. 30 jt (5 tahun) dibayar tahun ke 3
5%
2.5%
Rp. 10 jt – Rp. 20 jt
5 tahun
12 – 24 bulan
Rp. 50 jt
Nilai investasi
Franchise Fee
Royalti Fee (dari omset)
Marketing Fee (dari omset)
Opening Fee
Lama kontrak
Return On Investment
Asumsi min. omset/bulan
Rp. 500 jt – Rp. 600 jt
Rp. 50 jt (5 tahun) dibayar tahun ke 3
5%
2.5%
Rp. 10 jt – Rp. 20 jt
5 tahun
12 – 24 bulan
Rp. 150 jt
Keterangan
Nilai investasi
Franchise Fee
Royalti Fee (dari omset)
Marketing Fee (dari omset)
Opening Fee
Lama kontrak
Return On Investment
Asumsi min. omset/bulan
Mister Baso Express
Rp. 150 jt – Rp. 200 jt
Rp. 30 jt (5 tahun)
5%
2.5%
Rp. 10 jt – Rp. 20 jt
5 tahun
12 – 24 bulan
Rp. 50 jt
Mister Baso Resto
Rp. 500 jt – Rp. 600 jt
Rp. 50 jt (5 tahun)
5%
2.5%
Rp. 10 jt – Rp. 20 jt
5 tahun
12 – 24 bulan
Rp. 150 jt

Sejarah Singkat

Gerai pertama Mister Baso didirikan pada tahun 1999 di Mall Taman Anggrek, Jakarta, dengan konsep tampilan modern, layanan cepat dan sajian hygenis. Sampai dengan tahun 2003, jumlah gerai Mister Baso berjumlah 3.

Untuk mempercepat perkembangan usaha, manajemen memutuskan untuk mewaralabakan Mister Baso. Ada dua model paket waralaba yang ditawarkan: tipe Express (membutuhkan ruang usaha 20 – 60 M2) dan tipe Resto (membutuhkan ruang usaha 150 – 200 M2).

Tanggapan masyarakat terhadap waralaba ini cuku baik. Pada tahun 2011 jumlah gerai Mister Baso mencapai 70 gerai yang tersebar di berbagai kota di Jawa, Sumatra, Kalimantan.

Untuk mendongkrak brand image, manajemen Mister Baso melakukan berbagai upaya promosi di media-media. Kini Mister Baso memiliki brand identity yang cukup baik dan diterima oleh masyarakat.

Konsep Usaha & Daya Tarik

Bakso adalah makanan yang sangat populer di masyakarat. Tidak seperti kebanyakan gerai bakso pada umumnya, Mister Baso menawarkan gerai bakso yang berbeda, yaitu berpenampilan modern, layanan cepat dan produk yang hygenis. Aneka menu bakso disajikan oleh Mister Baso untuk memenuhi selera banyak konsumen. Pengembangan produk pun senantiasa dilakukan Mister Baso untuk meningkatkan omset usaha.

Dengan konsep usaha yang jelas, pengembangan produk serta program promosi yang terencana baik, Mister Baso telah mampu menarik kepercayaan masyarakat. Meski kini hadir berbagai produk dan gerai bakso yang mengusung konsep serupa, namun Mister Baso rupanya tetap mendapat tempat yang cukup baik di hati konsumennya.

Kebutuhan Investasi

Mister Baso menawarkan paket kerja sama waralaba (franchise) sebesar 5% dihitung dari omset selama 5 tahun. Besar kebutuhan investasi adalah Rp. 150 jt – Rp. 200 jt (tipe Express) dan Rp. 500 jt – Rp. 600 jt (tipe Resto). Investasi ini digunakan untuk keperluan renovasi tempat, dapur, training, poster dan lain-lain. Pada saat penandatanganan MOU, Mister Baso mensyaratkan pembayaran tanda jadi sebesar Rp. 25 jt yang diambil dari paket investasi. Persyaratan lain adalah security deposit sebesar Rp. 20 jt (tipe Express) dan Rp. 35 jt (tipe Resto) yang disimpan dalam rekening Mister Baso selama 5 tahun, yang akan dikembalikan saat berakhirnya kontrak kerja sama.

Biaya waralaba adalah Rp. 30 jt (tipe Express) dan Rp. 50 jt (tipe Resto) yang dibayar tahun ke 3.

Untuk pembukaan, Mister Baso mengenakan opening fee sebesar Rp. 10 jt – Rp. 20 jt untuk keperluan opening team, marketing tools, banner, umbul-umbul, brosur dan undangan.

Royalti fee sebesar 5% dari total omset digunakan untuk biaya pengawasan. Sedangkan marketing fee sebesar 2.5% dari total omset digunakan untuk biaya promosi, pengembangan produk dan marketing tools.

Dukungan Kerja Sama

Mister Baso menyediakan seluruh rancangan tempat usaha, eksterior dan interior, serta mensyaratkan baku mutu untuk produk makanan, minuman, peralatan, bahan baku dan pemasoknya.

Semua bahan baku harus dibeli dari Mister Baso kecuali sayur mayur. Untuk franchisee di daerah yang sulit membeli bahan baku secara langsung, Mister Baso menyediakan sistem bantuan dari pemasok bahan baku yang sudah disetujui oleh Mister Baso. Pengawasan kualitas dilakukan oleh staf Mister Baso secara random dan mendadak. ***

| WS | JEP |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Komentar anda:

*


two × = 16