Primagama

Prestasi Primagama dikenal memiliki metode belajar Smart Solution yang sangat diminati para pelajar dan Life Skill Education sebagai nilai tambah bagi siswa dalam rangka mendukung program Kurikulum Berbasis Kompetensi.

[heading] Primagama[/heading]

Nama merk: Primagama

Kategori: Pendidikan

Perusahaan: PT. Primagama

Alamat: Graha Primagama, Jl. P. Diponegoro 89 Jogjakarta

Telpon: 0274 548443

Fax: 0274 521482

Website: www.primagama.co.id

Bidang usaha: Jasa bimbingan belajar

Bentuk kerja sama: waralaba

Konsep usaha: Memberikan jasa bimbingan belajar bagi para siswa sekolah mulai dari tingkat dasar, menengah dan atas, yang mengedepankan problem solving atau pemecahan masalah, yang dilengkapi dengan life skill education.

Target pasar: Umum

Tahun berdiri/waralaba: 1982

Jumlah gerai: 766

[note color="#fff"] [tabs style="1"] [/tabs] [/note]

Sejarah Singkat

Niat baik Purdie Candra untuk membantu para siswa kelas 3 SMA yang ingin memasuki jenjang PTN telah mendorongnya untuk mendirikan lembaga bimbingan tes Primagama tanggal 10 Maret 1982 di Jogjakarta, hanya dengan bermodalkan Rp 300 ribu. Saat itu bisnis bimbigan tes belum banyak dilirik orang.

Sebagai salah satu pionir di bisnis bimbingan belajar, kini Primagama telah memiliki 766 cabang yang tersebar di 33 provinsi, dengan lebih dari 250.000 siswa. Berkat perkembangan itulah Primagama dikukuhkan sebagai bimbingan belajar terbesar di Indonesia oleh MURI (Museum Rekor Indonesia).

Beberapa prestasi penting diraih Primagama sebagai bukti keberhasilannya dalam mengelola usaha. Antara lain: rangking 6 dalam 50 usahawan terbaik tahun 2001 versi Majalah Swa dan Anderson Consulting, Solo Customer Satisfaction Awards tahun 2002, Superbrand tahun 2005, Prospevtice Franchise & Business Concept 2006, Waralaba terbaik kategori Pendidikan 2007 versi Majalah Pengusaha, Penghargaan Rank 5 Top Franchise award 2008 versi Majalah Info Franchise Indonesia dan Franchisee Satisfaction Survey 2008, termasuk dalam 10 besar (Best Top 10 Franchise) pewaralaba yang memberikan kepuasan layanan kepada mitranya.

Konsep Usaha & Daya Tarik

Saat ini Primagama menyediakan dua layanan tambahan. Pertama, fasilitas belajar online. Kesibukan siswa yang makin padat bisa diatasi dengan mengklik situs www.primagamaplus.com. Layanan ini hasil kerja sama Primagama dengan Microsoft sejak 2 tahun terakhir. Kedua, tes potensi dan bakat saat penerimaan masuk siswa. Melalui metode finger prints atau sidik jari, siswa dapat melihat potensi dan kelemahannya di bidang tertentu. Hasil sidik jari ini juga menjadi masukan bagi tenaga pengajar dalam memberikan materi di kelas.

Primagama juga mengadakan kerjasama dengan beberapa pihak untuk mendukung kelancaran bisnisnya, diantaranya dengan Telkomsel, Coca-Cola, Telkom Speedy, dan BNI Syariah. Contoh dukungan Telkomsel adalah potongan harga untuk paket biaya bimbingan belajar kepada komunitas pengguna Kartu AS, selanjutnya disebut “Komunitas GenAsik”, harga khusus kartu perdana dan voucher isi ulang dalam paket pendaftaran siswa baru serta pemanfaatan fasilitas teknologi Telkomsel untuk meningkatkan layanan pendidikan di Primagama.

Pengelolaan manajemen lembaga yang bagus, pengalaman dan bukti prestasi menyebabkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Primagama. Hal ini ditandai oleh banyaknya permintaan bimbingan belajar paket oleh lembaga-lembaga, yayasan-yayasan dan beberapa BUMN untuk membimbing para siswa, putra-putri karyawan.

Kebutuhan Investasi

Untuk satu gerai Primagama, franchise fee jangka waktu lima tahun dibayar saat penandatanganan perjanjian kontrak (MoU) sebagai berikut:

Wilayah Jabotabek: Rp 145 – 175 juta
Ibu kota Propinsi: Rp 135 – 145 juta
Kota Kab./Kotamadya: Rp 115 – 135 juta
Kota Kecamatan: Rp 100 – 115 Juta.

Setiap tahun ajaran baru yakni bulan Juli, biaya waralaba naik sekitar 10% karena menyesuaikan dengan inflasi.

Biaya survey sebesar Rp 2 juta untuk pulau Jawa dan Rp 3 juta untuk luar pulau Jawa sedangkan royalty fee dari pendapatan kotor setiap bulan sebesar 10% bagi cabang yang sudah master franchise atau 10,7% bagi yang belum memiliki master franchise.

Pihak terwaralaba menyediakan tempat representatif di lokasi strategis dengan memiliki minimal 6 ruang kelas (ukuran @ 20 m2) dan beberapa ruang pendukung operasional lainnya seperti front office, ruang administrasi, ruang pengajar dll serta menyediakan biaya pengoperasian gerai minimal 6 bulan pertama. Jarak antar outlet minimal 4 km dan harus dibuktikan melalui survey lokasi sertai dibuat berita acara survey.

Primagama juga menawarkan waralaba di exisiting outlet, biasanya berupa cabang yang sudah tutup. Untuk jenis ini, biaya franchise feenya Rp 150 juta dengan pertimbangan cabang Primagama sudah dikenal di daerah tersebut.

Dukungan Kerja Sama

Primagama akan memberikan SOP sebagai pedoman operasionalisasi. Biaya rekrutmen dan training SDM (karyawan dan tentor) dilakukan oleh pihak terwaralaba dengan dibantu Primagama. Untuk satu tahun pertama (atas permintaan), Primagama dapat mensupport seorang Pimpinan Cabang atas biaya pihak terwaralaba. Pembelian sarana siswa (modul belajar, dll) dapat dilakukan secara bertahap.

Primagama juga mendukung pemasaran secara periodik melalui iklan, acara televisi, surat kabar, majalah dan tabloid nasional serta perencanaan pemasaran lokal dengan event dan media lokal. ***

(Update: Juli 2012)

| WI | JS |

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)

Komentar anda:

*


1 × one =