Warning: Illegal string offset 'name' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 106

Warning: Illegal string offset 'description' in /home/wirausah/public_html/wp-content/plugins/genesis-simple-sidebars/plugin.php on line 108
Veneta System

Veneta System

Dikenal sebagai pakar di bidang isi ulang tinta inkjet, toner dan ribbon yang didukung oleh tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman, Veneta System terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi printer saat ini.

Veneta System

Nama merk: Veneta System

Kategori: Ritel

Perusahaan: PT Veneta Media Usaha

Alamat: Jl Mangga Dua Abdad No. 5-I Jakarta Pusat

Telpon: 021 6123124

Fax: 021 6256269

Website: www.venetaindonesia.com

Bidang usaha: ritel isi ulang tinta printer

Bentuk kerja sama: Waralaba

Konsep usaha: Melayani pengisian tinta isi ulang printer dengan harga murah dan kualitas setara tinta asli.

Target pasar: Umum

Tahun berdiri/waralaba: 2001/2003

Jumlah gerai: 151

Paket Investasi
Keterangan
Nilai Investasi
Deposit
Franchise fee
Initial Stock
Set-up store
Dana awal kerja (pra operasional)
Royalty Fee
Periode kontrak
Perkiraan BEP
Nilai
Rp 400 juta *
Rp 100 juta **
Rp 100 juta **
Rp 60 juta **
Rp 80 juta **
Rp 60 juta ***
2,5% – 5 %
5 tahun
1,5 – 2 tahun

* Di luar sewa tempat
** Termasuk dalam paket
*** Tergantung produk 

Sejarah Singkat

PT. Veneta Indonesia didirikan pada tahun 2001 oleh Iwansja Gunawan dan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mempromosikan aktifitas yang berhubungan dengan tinta, toner, pita dan regenerasi cartridge untuk semua tipe printer. Bisnis isi ulang cartridge ini menggunakan merk Veneta System yang berasal dari Italia.

Pada awalnya Veneta hanya membuka satu gerai di Mall Mangga Dua. Kemudian di tahun 2002 tiga gerai serupa mulai dioperasikan dan dikenal sebagai pilot projeknya yang berlokasi di Orion Dusit Mangga Dua, Kelapa Gading, dan Kebon Sirih.

Melihat prospek yang begitu besar, Veneta berniat menggunakan sistem waralaba sebagai alat ekspansi. Setelah melakukan perbaikan di bidang pemasaran, pengembangan teknik dan peningkatan sumber daya manusia, maka pada tahun 2003 waralaba Veneta System siap ditawarkan ke masyarakat.
Pada pertengahan tahun 2008, didirikan pabrik remanufacture cartridge pertama di Indonesia yang berada di Kawasan Industri Sentul, Bogor. Dan pada April 2009 pabrik kedua dibuka di Kawasan Industri Berbek, Sidoarjo. Pabrik ini khususnya akan memberikan support kepada seluruh gerai yang berada di wilayah Indonesia Timur.

Saat ini Veneta berkembang pesat karena berjalan dengan sistem serta konsep waralaba yang konsisten dan sudah teruji, ini terbukti dengan didirikannya 151 gerai dan tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia.

Konsep Usaha & Daya Tarik

Pengadaan produk-produk tinta menjadi salah satu keunggulan Veneta System. Untuk pengadaan material bermutu, Veneta System bekerja sama dengan pemasok dari dalam maupun luar negeri yang berkomitmen tinggi.

Di pabrik Veneta, bagian R&D memiliki berbagai jenis printer mulai dari inkjet sampai laserjet untuk melakukan uji coba sekaligus mengevaluasi kualitas hasil cetak dari bermacam-macam tipe toner, drum, blades, lembaran magnetic & roller charge, dalam berbagai tingkat temparatur dan kelembaban. Uji coba ini sangat penting terutama bagi cartridge jenis laserjet warna yang memiliki teknologi rumit dan membutuhkan keseimbangan elektrikal dari semua komponennya untuk mengoptimalkan kualitas hasil print.

Dalam mewaralabakan bisnisnya, Veneta sangat selektif dalam memilih terwaralaba, mulai dari lokasi, kesiapan dana, SDM, bahkan karakter calon terwaralaba. Hal tersebut dilakukan karena ingin mendapatkan terwaralaba yang benar-benar siap untuk menjalankan bisnis isi ulang tinta printer yang saat ini dan ke depannya sudah menjadi kebutuhan.

Kebutuhan Investasi

Dari sisi persiapan awal, calon terwaralaba hanya perlu mempersiapkan tenaga kerja yang akan diseleksi dan lokasi usaha yang akan direkomendasikan serta sejumlah dana investasi awal.

Untuk berinvestasi di Veneta System, dana yang harus disediakan minimal Rp 400 juta, di luar sewa tempat. Dari dana sebesar itu Rp 100 juta masuk ke dalam deposit sedangkan yang Rp 300 juta sisanya, rinciannya sebagai berikut : Rp 100 juta untuk franchise fee selama 5 tahun, Rp 60 juta untuk initial stock, Rp 80 juta untuk dekor, printer, komputer, dan furniture serta Rp 60 juta lagi untuk dana awal kerja seperti uang kas, promosi dan iklan, training, dll.

Royalty fee yang harus dibayarkan antara 2,5 % – 5% tergantung produk.

Dukungan Kerja Sama

Persiapan awal pembukaan gerai akan banyak dibantu oleh pihak Veneta, seperti tinjauan proyeksi usaha, pelatihan, renovasi tempat usaha, sistem operasional, pre-marketing program serta perlengkapan dan peralatan kerja di gerai.
Setelah gerai beroperasi, Veneta terus melakukan upaya-upaya promosi yang tidak pernah putus sepanjang tahun, memonitor perkembangan setiap gerai, memberikan informasi, konsultasi serta mengaudit. Pertemuan para terwaralaba juga selalu diadakan untuk memperkuat komitmen agar sungguh-sungguh di bidangnya dan siap menghadapi persaingan di bisnis refill yang saat ini semakin ketat. ***

(Update: Juli 2012)

| WI | JS)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)



Komentar anda:

*


6 − = four